Pawel Jonca, courtesy; https://theinspirationgrid.com

Pawel Jonca menjelajahi jagat raya, pikiran yang indah, gairah dan sikap atau perilaku manusia, atau menyoroti dampak teknologi dan aspek saat ini lainnya pada individu dan masyarakat pada umumnya, karya-karyanya sering memicu pemikiran.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 1
PAWEL JONCA, courtesy; https://www.illustratoren.de

Pawel Jonca adalah seorang seniman ilustrasi yang berbasis di Warsawa, Polandia.Baru-baru ini dia menerima pe ghargaan Gold dalam kategori Ilustrasi / Cetak Iklan dari Klub Pembuat Iklan (Klub Twórców Reklamy, ktr.org.pl).

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 2
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de

Jonca berkolaborasi dengan majalah dan mingguan Polandia, seniman ilustrasi Paweł Jońca memiliki kemampuan luar biasa untuk mengekspresikan ide-ide yang kuat dan kompleks, emosi dan potongan-potongan realitas menjadi desain yang sederhana dan bersih.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 3
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 4
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 5
The Seed, courtesy; http://thereart.ro

Sebagai seniman ilustrasi yang memiliki bakat luar biasa, dia menjelajahi jagat raya, pikiran yang indah, gairah dan sikap atau perilaku manusia, atau menyoroti dampak teknologi dan aspek saat ini lainnya pada individu dan masyarakat pada umumnya, karya-karyanya sering memicu pemikiran.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 6
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 7
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 8
Is anybody here? / My psychological self-portrait, courtesy; http://thereart.ro
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 9
Pawel Jonca, courtesy; https://theinspirationgrid.com

Jonca telah melakukan pekerjaan untuk sejumlah majalah, seperti Przekrój, Wprost dan Newsweek. Dia telah mengilustrasikan banyak buku, termasuk buku Chuck Palahniuk edisi Polandia. Ia juga mendesain tanda-tanda grafik, ikon dan seni grafis untuk media dan iklan baru.

Salah satu yang sangat penting adalah gambar Peugot-nya yang berukuran 25 meter dipajang di seberang gedung Rotunda yang terkenal di Warsawa dan banyak orang-orang masih membawa di dalam saku mereka seperti kartu SIM Plus dengan desain grafis miniaturnya. Jońca sering menerima umpan balik yang menyatakan bahwa ia berhasil menangkap esensi sesuatu, dan baginya hal tersebut adalah pujian terbaik dari semua. Ketika ia mengilustrasikan, ia memastikan bahwa cara berekspresi yang dipilihnya bukan nilai mandiri atau tampilan teknis: tujuannya selalu didahulukan. “Saya memilih jalan terpendek ke tujuan saya”. Itulah sebabnya karyanya berbentuk minimalis “, kata Jonca.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 10
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 11
Facegod / You can believe or not, courtesy; http://thereart.ro
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 12

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de

Bentuk formulasi kredo artistik Jońca sebagian dipengaruhi oleh pendidikan teknisnya, yang tidak selalu membuatnya merasa seperti seorang seniman sejati. Secara keseluruhan, Jońca berhutang banyak pada studi arsitekturalnya: ketekunan teknis, ketelitian dan pengembangan kesadaran akan konsekuensi keputusan yang di ambilnya.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 13

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 14

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 15

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de

Pada saat menyelesaikan studinya, dia menyadari bahwa arsitektur bukanlah sesuatu yang ingin dia kejar, jadi dia mengambil desain grafis. Dia menciptakan situs web, spanduk iklan, iklan pers, dan papan cerita. Dia menerima komisi pertamanya yang serius dari majalah Media & Pemasaran edisi Polandia dan dengan demikian dia memulai karirnya sebagai ilustrator pers.

Saat ini Paweł Jońca adalah salah satu ilustrator paling dikenal di Polandia. Karyanya dapat ditemukan di seluruh dunia, tergantung di dinding dari San Francisco ke Sydney. Sebagian besar dari mereka mengambil bentuk ilustrasi cetak dan salinan dari potongan-potongan ini dapat dibeli dari berbagai situs web.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 16

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 17

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 18
Pawel Jonca, courtesy; https://theinspirationgrid.com
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 19

Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de

Pawel Jonca juga telah memenangkan banyak penghargaan. Dia menerima penghargaan desain pers Chimera pada tahun 2004, 2005 dan 2009 dalam kategori ‘portofolio’. Jońca juga telah menerima penghargaan di Galley Poster AMS ke-6 pada tahun 2006, dan meraih penghargaan Emas dan Perak di Klub Kreator Iklan (KTR) dalam kategori ‘portofolio’ dan ‘ilustrasi ilustrasi’.

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 20
Pawel Jonca, courtesy; https://theinspirationgrid.com
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 21
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 22
Pawel Jonca, courtesy; https://www.illustratoren.de
PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 23
Pawel Jonca, courtesy; https://theinspirationgrid.com

Betapapun pentingnya penghargaan-penghargaan ini, tidak memotivasi pekerjaan Jońca. Seniman itu berkata: ‘Kegembiraan terbesar saya adalah melihat ilustrasi yang sudah menjadi dan merasa benar-benar yakin bahwa tidak ada yang tersisa untuk ditambahkan atau diubah. Apa yang dia buat,  memberikannya kesenangan fisik. ‘ Salah satu ilustrasi tersebut adalah gambar yang ia ciptakan untuk Przekrój berkala. Artikel yang menyertai ilustrasi Jońca adalah sebuah penelitian ilmiah tentang genom manusia. Teks mengeksplorasi kompleksitas ilmu ini dan memberikan perspektif pada banyak misteri yang belum terungkap. Artis ini menggambarkan ilustrasinya sebagai gambar ‘sangat’ selesai, kedalaman yang tak ada habisnya di mana orang dapat menemukan potongan-potongan informasi. Dalam kedalaman ini semua orang melihat apa yang ingin mereka lihat.

SELECTED CLIENTS

Apple, Architektura Murator, Biedronka, Davidson Consulting, DATUM, Duży Format, EURO RSCG, Fontlab, Forbes Women, Harvard Business Review, Malemen, McCann Erickson, Media & Marketing, Nature, New Scientist, Newsweek, Niebieska Studnia, Oprah magazine, Polkomtel, Playboy, Prudential, Przekrój, Sukces, Technologist, The Hollywood Reporter, Wprost, Wysokie Obcasy, Znak, Zwierciadło.

TRAINING

Walaupun Pawel memenuhi syarat sebagai seorang arsitek, tetapi dia menemukan bakatnya yang lebih bahwa ia lebih suka bekerja sendiri dan menggunakan keterampilan menggambarnya untuk membuat storyboard, grafik, dan ilustrasi bekerja. Ini mengarah pada karir lepas untuk agensi dan berbagai publikasi.

APPROACH

Saat dia mendekati sebuah proyek, Pawel berfokus pada ide pertama, memecah konsep dan membuat gambar sejelas dan semenarik mungkin. Ilustrasi itu sendiri dibuat menggunakan tablet grafis dan Corel Painter, bersama Adobe Creative Cloud.

STYLES

Selain dari asal-usul digitalnya, gambar Pawel memiliki akhir yang indah dan melelahkan bagi cutomernya. Dia adalah seorang seniman yang menghindari label, tetapi Anda akan mendeteksi sentuhan Kubisme gaya Picasso dalam karyanya, sedikit surealisme Maigret, kepekaan grafis Saul Bass, dan banyak lagi inspirasi Pawel sendiri.

AWARDS

2018 (12) – Projekt Roku (Project Of The Year) Award in “Współpraca” (collaboration) category  for the campaign “Biedronka smakuje domem” (Biedronka tastes home).

2018 (05) – Gold award from Klub Twórców Reklamy (Advertising Creators Club, KTR) in “Illustration/Print Advertising” category for the campaign “Biedronka smakuje domem” (Biedronka tastes home).

2017 (12) – “Book of the year 2017 / Graphical award” for “The ABC of Polish design” (Ilustrowany elementarz polskiego designu) by Polish Section of IBBY.

2016 (05) – Gold award from Klub Twórców Reklamy (Advertising Creators Club, KTR) in “Advertising Illustration” category for a poster “Polish Design”.

2016 (05) – Silver award from Klub Twórców Reklamy (Advertising Creators Club, KTR) in “Press Illustration” category for a set of illustration for Zwierciadło magazine.

2011 (05) – GrandFront 2011 award. III place in “professional magazines” category for a cover illustration in Architektura magazine, issue 07/2010.

2011 (04) – Gold award from Klub Twórców Reklamy (Advertising Creators Club, KTR) in “Portfolio” category.

2011 (04) – Bronze award from Klub Twórców Reklamy (Advertising Creators Club, KTR) in “press illustration” category.

2009 (10) – Silver Chimera 2009 award w kategorii Portfolio.

2006 (12) – Galeria Plakatu AMS. Award in 6th edition of Galeria Plakatu AMS (AMS Poster Gallery).

2005 (09) – Chimera 2005 award in “Portfolio” category for an illustration in Media & Marketing Polska magazine.

2004 (03) – Chimera 2004 award in “Portfolio” category for a set of illustration in MacMag magazine.

author; Fitrajaya Nusananta

PAWEL JONCA - Ilustrasi yang Merangsang Pemikiran 24

d] sumber bibliografi;

  • https://www.illustratoren.de/de/illustrator/pawel-jonca
  • http://thereart.ro/pawel-jonca-works/
  • https://culture.pl/en/artist/pawel-jonca
  • https://www.etsy.com/shop/PawelJonca
  • https://www.behance.net/paweljonca
  • https://paweljonca.com/profile
  • https://theinspirationgrid.com/thought-provoking-illustrations-by-pawel-jonca/