QATAR ARTIST FARAJ DAHAM – ” SEE THE UNSEEN ” Exhibition at Fire Station Gallery, DOHA

164
Faraj Daham artworks, courtesy; http://madridarabe.es

Qatari artist Faraj Daham, setelah menyelesaikan residensinya selama sebulan di “What about Art?” Foundation in Mumbai, India telah kembali ke negaranya Qatar untuk memamerkan lukisannya di Fire Station Artist in Residence, dalam sebuah pameran berjudul “See the Unseen” .

“See the Unseen”, by Qatari artist Faraj Daham opens at Fire Station, courtesy; https://www.iloveqatar.net

The Fire Station Artist in Residence, mengadakan pameran, berjudul “See the Unseen”, oleh seniman Qatar Faraj Daham, setelah artis tersebut kembali dari residensinya selama sebulan di “What about Art?” Foundation in Mumbai, India sebagai bagian dari Qatar-India 2019. Pameran ini dibuka hingga 29 November 2019.

Faraj Daham artwork, courtesy; https://www.iloveqatar.net

Faraj Daham berkarya terinspirasi oleh transformasi dunia di sekelilingnya dan menanggapi perubahan cepat yang dialami oleh masyarakat Qatar karena gerakan yang tiba-tiba dari organisasi sosial tradisional dan ekonomi ke kota global. Akibatnya, industri minyak memainkan peran utama dalam pekerjaan Daham. Minyak penting bukan hanya karena kekayaan finansial yang dibawanya ke negaranya, tetapi juga sebagai sumber ide kreatif pada lukisannya, yang sering kali memasukkan bahan-bahan yang ditemukan yang berasal dari minyak atau mineral terkait. Sebagai anggota pendiri Qatar Fine Arts Society dan anggota lama dari Al-Jasra Club, Daham juga berkomitmen dalam pendidikan seni, membimbing seniman-seniman muda Qatar dan menulis kritik seni untuk jurnal dan surat kabar.

Faraj Daham artwork, courtesy; https://www.iloveqatar.net

Bentuk pekerjaan heterogen Daham diinformasikan oleh filsafat dan matematika dan mempertimbangkan ketidakadilan sosial dan posisi individu dalam lingkungan politik yang kompleks menggunakan bahan daur ulang yang dikumpulkan di sekitar kota Doha. Meskipun karya-karyanya yang terdahulu sebagian besar merupakan lukisan realistis yang menggambarkan pemandangan dari seluruh kota, selama kariernya, seni Daham telah berkembang lebih abstrak secara visual, beragam materi, dan secara sosial dapat terlibat. Anggota badan yang terdistorsi dan tubuh manusia yang terfragmentasi, massa yang cerah, terkadang agresif, warna dan ornamen, motif bermotif yang diambil dari kain menjadi ciri karyanya, di mana tubuh manusia seringkali lebih simbolis daripada figuratif. Mengambil rintangan fisik dan hambatan yang diambil dari jalan sebagai titik keberangkatan material dan konseptual, Daham dengan demikian menciptakan kosakata artistik yang diinformasikan oleh, dan terhubung dengan, masyarakat yang cepat berubah.

Faraj Daham didepan karyanya, courtesy; https://twitter.com

Kali ini pameran Daham membahas konsep penyembunyian dan pengucilan historis melalui pendekatan kualitatif antara apa yang terlihat dan apa yang nyata. Selama masa residensinya, Daham mengandalkan bahan-bahan lokal yang berwujud dan tidak berwujud untuk membuat karya seni. Bahan-bahan tersebut termasuk jaring ikan Tiongkok dari Kochi, India, yang ia gunakan bersama naskah buatan tangan untuk menyembunyikan intangibilitas sejarah.

Faraj Daham artworks, courtesy; http://madridarabe.es
Faraj Daham artworks, courtesy; http://madridarabe.es

Tempat tinggal selama sebulan Daham di India, dia datang kembali sebagai bagian dari Tahun Kebudayaan Qatar-India yang bertujuan untuk mempromosikan saling pengertian, pengakuan dan apresiasi antara kedua negara melalui berbagai program dan inisiatif. Selama masa tinggalnya sebagai artist residence, Daham diberi ruang studio individual, peluang jaringan profesional, dan lingkungan yang merangsang secara intelektual untuk dialog tentang praktik seni visual antara seniman dan kurator.

Faraj Daham artworks, courtesy; http://madridarabe.es
Faraj Daham artworks, courtesy; http://madridarabe.es

Daham berkarya dalam corak kontemporer Daham yang terinspirasi oleh transformasi dunia di sekelilingnya dan menanggapi perubahan cepat yang dialami dalam masyarakat Qatar. Karyanya telah ditampilkan di Katara, Mathaf, Galeri QM Al Riwaq, dan Galeri Al Markhiya.

Faraj Daham artworks, courtesyhttps://www.fundacionbancosantander.com

 

Faraj Daham artworks, courtesyhttps://www.fundacionbancosantander.com

Event Location, Fire Station Gallery, Doha Fire Station – Mohammed Bin Thani St, QatarAreaFereej Bin Mahmoud. Start Time06 November 2019, 09:00 AMEnd Time29 November 2019, 07:00 PM. Website : www.firestation.org.qa

author; Fitrajaya Nusananta

d] sumber bibliografi;

  • https://www.onlineqatar.com/events/art/3448–see-the-unseen–by-qatari-artist-faraj-daham
  • https://www.iloveqatar.net/news/artsCulture/see-the-unseen-by-qatari-artist-faraj-daham-opens-at-fire-station
  • https://www.artsy.net/artist/faraj-daham
  • https://www.fundacionbancosantander.com/visita_virtual/qatar_museums/en/artists/faraj_daham
  • https://www.mutualart.com/Artist/Faraj-Daham/241124D619D9EB32
  • http://en.casaarabe.es/event/%E2%80%9Ccity%E2%80%9D-exhibition-by-faraj-daham
  • http://madridarabe.es/2013/12/19/la-mirada-de-doha-por-faraj-daham/
Advertisement
Loading...