Saya yakin Anda pernah menonton reality competition show, dan Anda tahu betapa menariknya acara seperti itu. Melihat seseorang melatih bakat mereka di bawah tekanan besar dari kontestan lain, selain kerumunan banyak orang, adalah suatu pemandangan yang menakjubkan. Tetapi kali ini Anda tidak harus menyalakan TV untuk menyaksikan salah satu dari peristiwa ini. Anda hanya perlu menemukan Art Battle di dekat Anda!

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 3
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Art Battle adalah turnamen melukis langsung yang kegiatan ini lebih dari 200 acara setahun di Amerika Serikat dan Kanada serta lebih dari 60 kota di seluruh dunia. Di bawah sorotan dan dalam pandangan kerumunan yang bersorak, pelukis menciptakan karya terbaik mereka selama putaran 20 menit. Begitu waktu habis, penonton berjalan di sekitar mereka dan memberikan suara pada karya favorit mereka. Empat artis teratas berhadapan langsung di Babak Final dan menghasilkan lukisan baru di atas kanvas. Setelah itu berakhir dan pemungutan suara selesai, pemenang Art Battle di beri mahkota.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 4
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Simon Plashkes, Co-Founder of Art Battle mengatakan; ini adalah suatu peristiwa yang mengasyikkan dan bagaimana Anda bisa ikut terlibat.

Apa yang menjadi inspirasi untuk Art Battle?

Sudah lama sekali, turnamen seperti saat ini sepanjang waktu hampir 20 tahun untuk direalisasikan.

Pada awalnya, kami ingin memberikan para seniman cara langsung untuk berbagi proses penciptaan mereka dan membiarkan penonton memutuskan karya mana yang paling mereka sukai (kami merasa bahwa sistem “ivory tower”dari dunia seni menyimpan terlalu banyak seniman yang baik tidak dapat bereksistensi dengan optimal ).

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 5
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Berapa banyak kota yang menjadi tuan rumah Art Battle?

Art Battle telah diselenggarakan di lebih dari 150 kota di seluruh dunia.

Bagaimana Art Battle berubah selama hampir dua dekade? Bagaimana bisa tetap sama?

Penonton masih tetap bisa memilih, dan memiliki peran penting dalam setiap acara yang kita adakan ini. Kami menggunakan teknologi lebih banyak hari ini untuk membantu berbagi pengalaman dan bakat para seniman jauh dan luas.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 6
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Bagaimana Anda menggambarkan format turnamen?

Setiap acara adalah turnamen one-night tournament of live art. Dua belas seniman bersaing dalam dua kelompok (enam & enam) dalam dua babak penyisihan. Penonton memberikan suara untuk pemenang di setiap putaran dan empat artis teratas akan berada ke Babak Final. Semua karya dilelang, dan suasananya seru mencekam dengan semilir angina yang lambat bergerak di sekitar para artis sementara DJ emmainkan musiknya dan tak lupa ada minuman yang disajikan.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 7
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Bagaimana menurut Anda elemen live mengubah cara seniman melukis?

Untuk artis terbaik, setiap ayunan sapuan kuas sangatlah penting. Seni terbaik dibuat ketika seniman melampaui beberapa batasan yang diberikan padanya, karya favorit Art Battle, mampu mengungkapkan esensi dari pendekatan seniman dan bakat mereka, sehingga seniman harus memodifikasi gaya mereka menjadi versi yang paling esensial dari dirinya sendiri.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 8
Art Battle, courtesy; https://mymodernmet.com

Apa Art Battle yang paling berkesan yang pernah Anda saksikan? Bagaimana dengan itu?

Kejuaraan (Nasional, Dunia) selalu luar biasa, tapi itu sepertinya jawaban yang mudah. Saya pikir satu untuk saya yang saya ingat adalah sekitar Art Battle # 9 atau # 10 dalam seri turnamen Kanada ketika artis Carlos Delgado (sudah dikenal oleh masyarakat) melangkah ke depan ketika namanya dipanggil, kuas dinaikkan, dan penonton benar-benar menjadi liar. Mereka mengenalnya, mereka ingin melihat apa yang akan dia lakukan dan jika ada artis lain memiliki kesempatan untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi yang adil. Pada saat itu sangat liar ,fandom elektrik sejati. Pada malam itu aku tahu kami harus membawa Art Battle ke seluruh dunia dan membaginya dengan semua orang dan memberikan pada semua artis kesempatan untuk mendapatkan sensasi itu.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 9
Art Battle, courtesy; https://www2.ocadu.ca

Bisakah Anda menggambarkan energi kerumunan selama acara-acara ini?

Art Battle dalam format ini dibuat untuk generasi ADD. Selalu ada sesuatu untuk ditonton, hal yang berbeda untuk dipusatkan — dari teknik hingga kinerja tubuh — jadi pada kerumunan tersebut menjadi proses ini sebagai keseimbangan antara kesenangan dan keterlibatan serta pencerminan energi para seniman. Sifat kinetik acara dengan orang-orang yang bergerak sepanjang waktu untuk melihat karya-karya berkembang tercermin dalam semua aspek acara. Ini adalah pengalaman seni yang benar-benar mendalam, dan penonton bisa menikmatinya dengan teman-teman mereka saat mereka memutuskan siapa yang akan menjadi Juara mereka.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 10
Art Battle, courtesy; https://www2.ocadu.ca

Artis seperti apa yang akan Anda rekomendasikan untuk berpartisipasi dalam Art Battle? Bagaimana mereka bisa terlibat?

Kami baru-baru ini mulai membuka ketentuan selain menggunakan cat akrilik dengan aturan baru “open materials”, sehingga memperluas bidang dan jenis seniman yang dapat di unggulkan. Kompetisi kami pada dasarnya adalah 2D seperti yang ada di kanvas, tetapi selain itu, benar-benar setiap seniman visual dapat menemukan ekspresi penting dari gaya mereka yang dapat mengungkapkan beberapa keajaiban batin kepada audiens melalui pertunjukan.

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 11
Art Battle, courtesy; https://www.seattletimes.com

Author: David Tilabastari

ART BATTLE - The Underground Scene Is More than Just Speed Painting 12

Referensi:

  • https://artbattle.com/
  • https://mymodernmet.com/art-battle-live-painting-competition/
  • https://happymag.tv/artists-will-compete-for-the-title-of-best-live-painter-at-art-battle-sydney/
  • https://www2.ocadu.ca/feature/inside-an-art-battle
  • https://www.amny.com/things-to-do/art-battle-brings-live-painting-competition-to-manhattan-1.13787148/
  • https://www.seattletimes.com/entertainment/visual-arts/art-battle-seattle-turns-painting-into-a-live-competition-complete-with-dj-audience-and-drinks/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Art_Battle_Canada