Barong Keket, courtesy; www.gustibali.com

Pada tarian tradissional Bali ini menggunakan topeng dan kostum sebagai perwujudan arwah Bali. Namanya adalah Tari Barong. Tari Barong adalah salah satu tarian tradisional yang menggunakan beberapa media seperti topeng dan kostum sebagai perwujudan makhluk yang dipercaya oleh masyarakat Bali.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 1
Barong Keket, courtesy; fadlisikoh.blogspot.com

Tari Barong menurut kepercayaan Bali juga merupakan seni sakral sehingga ada juga kesan mistis di dalamnya. Namun, tarian ini yang cukup terkenal di Bali Selain memiliki nilai seni, Tari Barong juga memiliki makna spiritual di dalamnya.

Tari Barong memiliki beberapa jenis, yaitu barong yaitu Barong Ket, Barong Bangkal, Barong Landung, Barong Macan, Barong Gajah, Barong Asu, Barong Brutuk, Barong Lembu, Barong Kedingkling, dan Barong Gagombrangan.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 2
Barong Bangkal, courtesy; fadlisikoh.blogspot.com

Tari Barong juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat. Untuk Tari Barong yang ditampilkan sebagai bagian dari upacara di Pura, biasanya dilakukan dengan serius. Karena berkaitan dengan makna spiritual yang ada sehingga dilakukan secara sakral. Sementara Tari Barong ditampilkan untuk hiburan, biasanya diselingi dengan adegan lucu. Selain itu ada juga penampilan penari yang atraktif seperti acara “imunitas” yang membuat penonton terpukau.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 3
Barong Landung, courtesy; fadlisikoh.blogspot.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 4
Barong macan, courtesy; baliartandcultures.wordpress.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 5
Barong Kedingkling, courtesy; baliartandcultures.files.wordpress.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 6
Barong Gajah, courtesy; baliartandcultures.files.wordpress.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 7
Barong Asu, courtesy; bali.idntimes.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 8
Barong Brutuk, courtesy; baliartandcultures.wordpress.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 9
Barong Nongnongkling, courtesy; bali.idntimes.com
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 10
Barong Sapi, courtesy; bali.idntimes.com

Sejarah

Sejarah asal usul Tari Barong masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa versi sejarah yang menceritakan tentang sejarah awal terbentuknya Tari Barong ini.

Pertama, adalah mitologi Hindu yang menjelaskan bahwa Barong diambil dari kata “Bahruang” dalam bahasa Sansekerta. Bahruang adalah binatang yang dianggap memiliki kekuatan gaib dan sering disebut sebagai pelindung kebaikan.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 11
Barong Keket Dance, courtesy; www.trepup.com

Pendapat lain juga yang menyebutkan, bahwa Tari Barong pada awalnya merupakan manifestasi dari penguasa arwah di Bali. Pada saat itu, orang Bali menggunakan Tari Barong ini untuk mengusir gangguan makhluk gaib yang ada di sana. Meskipun banyak versi menyebutkan sejarah Tari Barong, masyarakat Bali masih percaya bahwa Tari Barong adalah warisan leluhur yang dianggap suci dan memiliki nilai spiritual di dalamnya.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 12
Barong Keket Dance, courtesy; blog.spiceroads.com

Dari pendapat lain lagi,  ada satu sejarah yang mengatakan, Barong Bali diyakini sebagai metamorfosis dari barong Ponorogo atau Reog. Dibawa oleh raja Airlangga saat melarikan diri ke pulau Bali untuk menyelamatkan diri. Selain barong Ponorogo yang dibawa ke Bali, ada juga seni sastra, aksara jawa, dan agama. Dalam perkembangannya barong Ponorogo berubah menjadi bentuk rubah dan ceritanya juga berubah sesuai dengan kondisi masyarakat di bali yang dikhususkan untuk kegiatan spiritual spiritual.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 13
Barong and Kris Dance, Bali, Indonesia, courtesy; en.wikipedia.org
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 14
Barong, a mythical lion-like creature, courtesy; en.wikipedia.org
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 15
Barong dance performance with kris-wielding dancers and Rangda in Bali, courtesy; en.wikipedia.org
BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 16
Rangda and Barong, courtesy; en.wikipedia.org

Yang berpengaruh  di Barong Bali dapat dilihat bahwa pada bentuk barong Ponorogo ketika tampil tanpa mahkota merak (Kucingan) dan pada topeng Rangda yang dilihat pengaruh topeng Bujang Ganong. Serta kelompok orang-orang  yang mengeksplorasi kekuatan spiritual dalam keluarga yang memiliki pengaruh. Pengaruh pada perilaku aktivitas nyata dari warok muda dan warok tua yang memiliki sihir yang hebat saat ini masih ditemukan di Ponorogo, meskipun aktivitasnya saat ini tertutup untuk kalangan tertentu. Dengan begitu, ada jenis Barong Bali dengan berbagai kepala binatang seperti Babi, Gajah, Anjing dan Burung yang menjadi kebanggaan setiap kota di Bali.

Mitos

Orang Bali percaya bahwa roh-roh ini adalah kaki tangan Ratu Gede Mecaling. Dia adalah penguasa alam yang tak terlihat dari Samudra Selatan Bali yang terletak di Pura Dalem Ped, Nusa Penida.

Pada saat itu, seorang pendeta yang sangat kuat imannya menyarankan masyarakat untuk membuat patung yang menyerupai Ratu Gede Mecaling, yang sosoknya tinggi, hitam dan bertaring, kemudian diarak di sekitar desa. Ternyata, trik ini berhasil. Roh-roh itu ketakutan melihat bentuk imitasi bos mereka, lalu mundur. Sampai sekarang, di banyak desa, orang-orang secara berkala mengarak Barong Landung untuk menangkal bencana.

Namun, yang paling sering ditampilkan untuk para wisatawan adalah Barong ket, karena memiliki kostum dan tarian lengkap. Dalam tarian barong ini, tarian ini dikemas dalam sebuah drama tradisional atau kisah yang menceritakan tentang perjuangan abadi antara yang baik dan yang jahat.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 17
Barong Landung miniature in National Museum, Jakarta, courtesy; en.wikipedia.org

Di sisi lain, tarian Barong Ket ini biasanya dilakukan dengan selingan lucu yang dapat membuat penonton terhibur. Juga diiringi oleh Gamelan Bali yang membuat pertunjukan lebih meriah dan lebih hidup.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 18
Barong Ket Dance in Ubud, courtesy; www.trepup.co

Penggunaan kostum yang digunakan dalam setiap jenis Tari Barong bervariasi, karena masing-masing jenis Barong memiliki manifestasinya sendiri. Untuk kostum Barong Ket, adalah kombinasi antara singa, harimau, dan lembu. Kostum Barong Ket ini biasanya digunakan oleh dua penari, serta tarian singa tetapi kostum yang berbeda.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 19
Barong Ket Dance in Ubud, courtesy; www.trepup.com

Terlihat pada bagian tubuh, dihiasi ornamen dari kulit, potongan kaca atau cermin, dan bulu yang terbuat dari serat pandan atau bulu gagak. Sedangkan di kepala menggunakan topeng yang terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan untuk membuat topeng Tari Barong adalah kayu khusus yang biasanya diambil dari tempat berhantu. Karena itulah Tari Barong dianggap sacral.

Pengembangan Tari Barong di Bali

Tari Barong adalah tarian tradisional yang cukup terkenal di Bali. Dalam perkembangannya, tarian ini sekarang tidak hanya dipertunjukkan untuk masyarakat lokal di acara-acara tertentu, tetapi juga ditampilkan dalam berbagai acara pariwisata. Selain sebagai bagian dari daya tarik wisata, tarian ini juga merupakan bentuk bisnis Bali dalam melestarikan tradisi dan budaya mereka.

AJika Anda ingin menyaksikan Tari barong ini, ada komunitas yang selalu menunjukkan Tari Barong khusus ini kepada para wisatawan, domestik atau bahkan asing. Komunitas itu dikenal sebagai Sahadewa. Di Grup Sahadewa, acara dimulai dari pukul 09.30 WIT setiap hari.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 20
Welcome to Bali, Batur, bali, courtesy; traveltriangle.com

Sementara itu, jika Anda tidak menggunakan layanan perjalanan yang sudah mencantumkan show ini dalam paket wisata, maka Anda bisa membeli tiket seharga Rp 100.000.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 21
Welcome to Bali, courtesy; steller.co

Dalam satu jam pertunjukan Tari barong ini menceritakan tentang pertarungan antara yang baik dan yang jahat melawan yang jahat. Binatang barong adalah binatang kuno simbol kebajikan sementara Rangda adalah makhluk menyeramkan yang melambangkan kejahatan / kepalsuan. Sebuah konsep Rwa Bineda, pertarungan yang tidak pernah berakhir dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Pada bagian terakhir ditampilkan tarian Keris yang dibungkus oleh “aksi kekebalan” para penari.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 22
Welcome to Bali — The Island of Gods, courtesy; Credit : Unsplash ( Omer Rana)-medium.com

Sejumlah penari yang membawa belati menusukkannya ke tubuh mereka. Aksi ini adalah daya tarik utama bagi wisatawan asing. Namun, Grup Sahadewa telah berdiri sejak tahun 1981. Kebanyakan dari mereka adalah penduduk lokal yang berprofesi sebagai penari dan pemain seni.

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 23
Bali topographic map, courtesy; id.wikipedia.or

Pada akhirnya, itu saja semua yang perlu Anda ketahui tentang Tari Barong, terutama sejarahnya. Oke, selamat menikmati dan semoga harimu menyenangkan!

author; Fitrajaya Nusananta

BARONG DANCE BALI, Magical & Sacred – The Island of Gods 24

d] sumber bibliografi;

  • https://www.britannica.com/topic/Barong-Balinese-mythology
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Barong_(mythology)
  • https://factsofindonesia.com/barong-dance-in-bali
  • http://www.balitourism.nl/barongeng.htm
  • http://helixwahyudipra.blogspot.com/2013/08/barong-dance-traditional-and-sacred.html
  • https://www.trepup.com/nyuhbalivillas/news/barong-ket-dance-in-ubud/1236773
  • https://baliartandcultures.wordpress.com/2015/10/12/barongdances/
  • http://blog.spiceroads.com/2015/06/25/bali-cycle-tour-special-promotion/
  • https://www.gustibali.com/barong-spirit-of-kindness-protection/
  • https://www.tradisikita.my.id/2017/02/tari-barong-dari-pulau-dewata.html