Gunther von Hagens – German anatomist, courtesy; mirfaces.com

Gunther von Hagens lahir pada 10 Januari 1945 adalah ahli anatomi Jerman yang menemukan teknik untuk melestarikan spesimen jaringan biologis yang disebut plastinasi. Dia telah menyelenggarakan banyak pameran publik Body Worlds dan demonstrasi langsung dari pekerjaannya bersama rekan-rekannya, dan telah melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk mempromosikan keahliannya. Sumber spesimen biologis untuk pamerannya kontroversial, tetapi dia bersikeras bahwa yang dia lakukan berdasarkan persetujuan, mengikuti data informasi yang diberikan sebelum kematian dari donor, dan dokumentasi yang lengkap tentang hal ini telah tersedia.

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 1
Dr. Gunther von Hagens in his laboratory in laboratory, courtesy; bodyworlds.com

MISI PAMERAN

Dr. Angelina Whalley dan Dr. Gunther von Hagens, adalah ahli dalam perawatan kesehatan preventif. Pameran BODY WORLDS mereka susun untuk mendidik masyarakat tentang cara kerja tubuh manusia dan untuk menunjukkan efek gaya hidup sehat dan tidak sehat. Ditargetkan terutama pada audiens awam, pameran ini bertujuan untuk menginspirasi pengunjung untuk menyadari kerapuhan tubuh mereka dan untuk mengenali keindahan individu anatomi dalam diri kita masing-masing.

KONSEP APA YANG BISA KAMU LIHAT?

PERJALANAN DI BAWAH KULIT DUNIA TUBUH

Membawa pengunjung dalam perjalanan yang tak terlupakan ke dalam tubuh manusia. Pameran unik ini memberikan wawasan yang menarik ke dalam struktur tubuh yang kompleks dan menjelaskan bagaimana sistem dan organ fungsional berinteraksi.

Pengunjung akan menemukan bahwa pengalaman melihat pameran ini akan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam tentang struktur anatomi tubuh manusia. Dengan melihat ke dalam tubuh yang tak dikenal, para pengunjung akan menemukan dan mengerti bagaimana bentuk dan cara kerja tubuh mereka secara detail.

SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA 

Menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami bagaimana berbagai sistem tubuh kita bekerja selaras, sehingga kita tetap sehat dan hidup sesuai potensi kita.

BODY WORLDS tidak hanya fokus pada penyampaian pengetahuan anatomi. Pameran ini bertujuan untuk menginspirasi pengunjung untuk hidup secara sadar, untuk lebih memperhatikan kesehatan mereka, untuk mengenali potensi fisik juga keterbatasan mereka, dan untuk merefleksikan apa yang dimaksud dengan menjadi manusia.

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 2
Museum Body Worlds. (bodyworlds.com), courtesy; www.suara.com

Pada setiap pameran BODY WORLDS menampilkan spesimen manusia nyata, termasuk serangkaian plastinat seluruh tubuh yang menarik serta organ individu, konfigurasi organ, pembuluh darah dan irisan tubuh transparan. Para plastinate membawa pengunjung dalam perjalanan yang mengasyikkan di bawah kulit. Pameran ini memberikan wawasan luas ke dalam anatomi dan fisiologi tubuh manusia. Selain fungsi organ, penyakit umum dijelaskan dengan cara yang mudah dipahami dengan membandingkan organ yang sehat dan yang terkena dampak.

Mereka menunjukkan dampak jangka panjang dari penyakit dan kecanduan, seperti konsumsi tembakau atau alkohol, dan menunjukkan mekanisme sendi lutut atau pinggul buatan. Spesimen individu digunakan untuk membandingkan organ yang sehat dan berpenyakit, yaitu paru yang sehat dengan paru-paru perokok, untuk menekankan pentingnya gaya hidup sehat. Plastinate seluruh tubuh yang berpose seperti kehidupan menggambarkan posisi organ-organ di dalam tubuh manusia.

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 3
Animal body statue, Dr. Gunther von Hagens, courtesy; allthatsinteresting.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 4
Dr. Gunther von Hagens in his laboratory in Heidelberg, courtesy; www.vonhagens-plastination.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 5
Dr. Gunther von Hagens in his laboratory in Heidelberg, courtesy; www.vonhagens-plastination.com

Apapun bentuk cinta yang hebat, kehidupan yang riang atau persahabatan sejati … kita menemukan kebahagiaan dalam berbagai cara, tetapi masih belum pernah terjadi secara kebetulan.

Kapan kita merasakan kebahagiaan? Apa yang terjadi pada tubuh kita? Mengapa kita tidak bisa menyimpan selamanya? Plastinator Dr. Gunther von Hagens dan kurator Dr. Angelina Whalley menjawab pertanyaan-pertanyaan  di museum BODY WORLDS yang terletak di Heidelberg.

Pada pameran permanen ini tidak hanya ditujukan untuk anatomi manusia, fungsi organnya dan pertanyaan-pertanyaan tentang kesehatan, tetapi juga Anatomi Kebahagiaan.

Lebih kurang dari 200 pameran unik dengan stasiun interaktif yang menyertainya, di mana ANDA bisa berada di jalur menuju kebahagiaan Anda, mengungkap kerumitan luar biasa dari tubuh batin Anda dan akan menginspirasi kepekaan Anda terhadap tubuh dan kebahagiaan Anda sendiri.

KEHIDUPAN AWAL DAN PENDIDIKAN

Gunther Gerhard Liebchen atau Gunther von Hagens lahir di Alt-Skalden (sekarang disebut Skalmierzyce) dekat Ostrowo, Reichsgau Wartheland, di Polandia yang dianeksasi Jerman. Pada usia lima hari, orang tuanya membawanya dalam perjalanan enam bulan ke barat untuk melarikan diri dari pendudukan Soviet. Gunther tumbuh di Jerman Timur. Mereka tinggal sebentar di Berlin dan sekitarnya, sebelum akhirnya menetap di Greiz, sebuah kota kecil tempat von Hagens mencapai usia sembilan belas tahun.

Dia seorang penderita hemofilia, sebagai seorang anak kecil ia menghabiskan enam bulan di rumah sakit setelah terluka. Faktor ini menimbulkan minatnya untuk belajar ilmu kedokteran dan tahun 1965 ia mulai belajar kedokteran di Universitas Jena.

Ketika berada di universitas, von Hagens mulai mempertanyakan Komunisme dan Sosialisme, memperluas pengetahuannya tentang politik dengan mengumpulkan informasi dari sumber-sumber berita non-komunis. Ia berpartisipasi dalam protes mahasiswa terhadap invasi Cekoslowakia tahun 1968 oleh pasukan Pakta Warsawa. Pada Januari 1969, dengan menyamar sebagai pelajar yang berlibur, von Hagens berjalan melintasi Bulgaria dan Hongaria, pada 8 Januari berusaha untuk melintasi perbatasan Cekoslowakia ke Austria. Dia gagal, tetapi dia melakukan asaha keduakalinya pada hari berikutnya di lokasi lain di sepanjang perbatasan. Dia ditangkap dan dihukum dua tahun penjara.

Von Hagens beremigrasi ke Jerman Barat pada tahun 1970. Hagens melanjutkan studi medisnya di Lübeck dan menerima gelar doktor pada tahun 1975 dari Universitas Heidelberg.

CURATOR DR. ANGELINA WHALLEY & PLASTINATOR DR. GUNTHER VON HAGENS

Pameran BODY WORLDS adalah salah satu pameran perjalanan paling sukses di dunia. Dipamerkan sejak 1995, mereka telah menarik lebih dari 48 juta pengunjung di lebih dari 140 kota di Amerika, Afrika, Asia, dan Eropa.

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 6
Dr Whalley with her husband and one of their exhibits. Photograph: Dirk Laessig, courtesy; www.theguardian.com

Dr Gunther von Hagens – pria yang menemukan plastinasi pada akhir 1970-an – akhirnya sakit dengan penyakit Parkinson dan telah menyatakan keinginannya untuk menjadi bagian permanen dari pameran Body Worlds, sebuah tengkorak, organ, dan mayat seluas 2.600 meter persegi, yang dibuka kepada publik di London.

Istrinya berbicara setelah pendiri Body Worlds mengatakan: potong saya dan tampilkan saya pada pameran Body World.

Istri dari ilmuwan Jerman yang dikenal sebagai “Dr Death” untuk pekerjaan perintisnya tentang pelestarian mayat telah berbicara tentang keterkejutannya ketika dia memintanya untuk memplastinasi tubuh suaminya setelah kematiannya.

Istrinya, ahli anatomi Jerman Dr Angelina Whalley, mengatakan Von Hagens hanya menginginkannya untuk melakukan pekerjaan itu. “Tentu saja, pada awalnya saya berpikir, Gunther, Anda bercanda! Ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah bisa saya lakukan, ”kata Whalley kepada Pengamat.

Namun begitu keraguannya mereda, dia menyadari bahwa dia perlu memenuhi permintaan suaminya. ” Entah bagaimana menyelesaikan pekerjaan hidupnya,” katanya. “Saya mengerti sekarang bahwa ini lebih merupakan apresiasi dan ungkapan cinta bagi saya untuk melakukannya.”

Plastinasi adalah proses yang cepat. Otot-otot, saraf, dan arteri yang tidak berliku melelahkan, tetapi kemudian denagn proses peresapan silikon dan memposisikan tubuh dalam pose. Secara keseluruhan, dibutuhkan sekitar satu tahun.

“Dia berkata kepadaku, ‘Angelina, kamu berhak untuk membekukanku sampai -25C selama satu tahun, tetapi setelah waktu itu kamu benar-benar perlu meletakkan tanganmu padaku karena kalau tidak aku akan mendapatkan luka bakar.’ Jadi aku punya satu tahun untuk berkabung setelah itu  harus melakukannya. ”

Ketika semua itu terjadi – Whalley masih berharap sangat jauh – tubuh suaminya akan ikut dengan koleksi yang tumbuh di Paviliun London, pusat, “plastinates”. Mayat-mayat ini membeku tepat waktu, membantu mendidik dengan memberikan informasi pada orang-orang tentang pentingnya ” harta ” tubuh manusia, katanya. Pameran ini adalah bentuk tubuh manusia nyata yang kehabisan cairan, kemudian diganti dengan silikon dan plastik untuk mengawetkannya yang membuatnya menjadi keras.

Pada pameran tersebut ada objek seorang penunggang kuda menunggang kuda bentuk kerangka, dengan tengkorak pria patah menjadi dua, otaknya di satu tangan dan cambuk di tangan yang lain. Pameran lain menunjukkan trio pemain poker di berbagai negara bagian pembedahan ( muncul dalam film James Bond Casino Royale).

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 7
Sebuah karya seni berjudul ‘Rider’ (Getty), dengan hormat; www.independent.co.uk

“Jika Anda melihat wajah mereka, Anda akan melihat karakter yang sangat berbeda. Tetapi struktur anatomisnya juga sangat berbeda, ”kata Whalley.

Salah satunya perutnya diiris sehingga pengunjung bisa melihat organ dalamnya; yang lain memperlihatkan jantung di dalam dada.

“Di daerah barat atau dunia manapun entah bagaimana kita menghindari dari kematian, meskipun hal tersebut adalah bagian alami dari kehidupan kita. Tidak ada tempat lain selain dekat dengan kematian yang dapat Anda rasakan saat hidup, ”katanya.

Suaminya, yang dikenal karena flamboyansinya, menginginkan pose terakhirnya dengan ramah, bahkan ditempatkan dekat di pintu masuk museum, katanya.

“Tapi kita tidak pernah bisa menjamin bahwa sebuah ide akan terwujud nanti,” Whalley menegaskan. “Apa yang akhirnya bisa kita lakukan dengan tubuh ketika, datanglah ke institut kami, dan Anda akan melihat tergantung pada umurnya, berapa banyak pembusukan, atau penyakit apa pun yang telah terjadi.”

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 8
Gunther vo Hagens and the plastination, courtesy; thedispersalofdarwin.wordpress.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 9
Gunther vo Hagens and the plastination, courtesy; macabregallery.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 10

Gunther vo Hagens and the plastination, courtesy; id.pinterest.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 11
The Yoga Lady (2005), courtesy; thedispersalofdarwin.wordpress.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 12
Elegance on Ice (2005), courtesy; thedispersalofdarwin.wordpress.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 13
Gunther vo Hagens and the plastination, courtesy; eridu.it
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 14
Gunther von Hagens’ KÖRPERWELTEN, Alten Hallenbad in Heidelberg.© Kiefer, courtesy; www.hna.de
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 15
Gunther vo Hagens and the plastination, courtesy; macabregallery.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 16
Gunther von Hagens and the plastination, courtesy; id.pinterest.com
BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 17
Body Worlds & the Brain at OMSI, Oregon Museum of Science and Industry in Portland, (November 6, 2011), courtesy; thedispersalofdarwin.wordpress.com

Dia mengatakan bahwa kerabat dekat tidak pernah diberitahu tentang apa yang terjadi pada tubuh orang yang mereka cintai begitu mereka telah di-plester, tanpa adanya pemakaman – spesimen-spesimen bisa menjadi peringatan.

Lalu, bagaimana dengan suaminya? Apakah dia tidak akan langsung dikenali sebagai plastinate, ketika waktunya tiba?

“Gunther telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk plastikasi. Dia menciptakannya, jadi saya pikir akan bisa diterima untuk mangabadikannya bahwa dia adalah seorang legenda atau seorang Plastinator yang hebat.

author; Fitrajaya Nusananta

BODY WORLDS & The Cycle of Life Gunther von Hagens 18

D] sumber bibliografi;

  • https://bodyworlds.com
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Gunther_von_Hagens
  • https://bodyworlds.com/about/philosophy/
  • https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2018/sep/30/dr-death-gunther-von-hagens-macabre-request-put-me-on-show
  • https://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/dr-death-gunther-von-hagens-dying-autopsy-live-body-worlds-museum-exhibition-a8561921.html
  • http://www.vonhagens-plastination.com/dr-gunther-von-hagens-2
  • https://www.suara.com/tekno/2018/10/19/200000/mengenal-gunther-von-hagens-sang-kolektor-mayat-manusia