Art World

Bonggol Jati Blora Jadi Karya Seni Unggulan

Bonggol Jati Blora Jadi Karya Seni Unggulan 11

Bonggol jati, courtesy; http://bagong-tugu.blogspot.com

Blora bukan saja penghasil minyak bumi namun juga sebagai penghasil kayu jati dengan kwalitas terbaik, Blora selalu mengembangkan potensinya dalam bidang kerajinan kayu jati yang mana dalam hal ini bonggol atau akar kayu jatipun dapat dibuat kreasi produk kerajinan souvenir seperti meubel pun dikembangkan oleh pengusaha kerajinan kayu jati Blora. Bonggol jati dimanfaatkan secara maksimal, akar atau bonggol ini digunakan untuk membuat kerajinan dan souvenir, meubel yang menarik wisatawan untuk mengunjungi Blora dan membeli produk jati unggulan dari masyarakat Blora.

Perajin bonggol kayu jati di Blora, courtesy; www.infoblora.com
Sebuah bengkel kerajinan akar jati di Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon. (foto: rs-ib), courtesy; www.infoblora.com

Para pengrajin dan produsen souvenir bonggol jati Blora ini membuat menjadi meubel meja dan kursi serta bentuk – bentuk ukiran yang sangat menawan. Untuk anda yang tertarik bisa mengunjungi komplek pengrajin kayu jati di daerah Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Disana banyak sekali pengrajin kayu jati dan juga meubel.

Menurut salah seorang pengrajin bonggol kayu jati di Jepon, pengelola limbah akar kayu jati, dengan memanfaatkan akar kayu jati selain dapat meningkatkan taraf hidup pengrajin juga dapat menyerap tenaga kerja di bidang seni ukir dan pengumpul limbah kayu jati.

Pengolahan limbah akar kayu jati dapat dibuat dengan berbagai bentuk  relief, sekarang ini sudah banyak dilirik eksportir maupun diminati oleh turist asing yang berkunjung ataupun sengaja datang untuk membeli langsung pada pengrajin.

KERAJINAN TANGAN DARI BONGGOL , courtesy; kimsugihwaras.blogspot.com
KERAJINAN TANGAN DARI BONGGOL , courtesy; kimsugihwaras.blogspot.com
KERAJINAN TANGAN DARI BONGGOL , courtesy; kimsugihwaras.blogspot.com

Dilihat dari sisi harga, sangat bervariatif dan tergantung pada nilai seni dan tingkat kesulitan ukirannya. Semakin nilai seninya tinggi( artistic) dan tingkat kesulitannya tinggi, dan usia akar tersebut semakin tua, nilainya sangat tinggi. Dengan kisaran harga 3 juta sampai dengan 350 juta. Sedangkan lama waktu pengerjaannya berkisara 1 minggu sampai berbulan-bulan, bahkan ada yang memakan waktu 1 tahun. Sistim upahnya diborongan untuk setiap satu ukiran.

Akar jati yang sedang diolah, courtesy; akar-jati-meble.business.site
Kerajinan Akar Pohon Jati, courtesy; dindanewsrani.blogspot.com
Kerajinan akar jati yang sudah jadi, courtesy; mediasamin.wordpress.com

Hasil pengolahan akar kayu jati tersebut, untuk jenis ukiran abstrak banyak diminati atau di eksport ke Negara Amirika, Belanda Australia ,Jerman dll.  Sedangkan untuk motif ukiran relief keagamaan seperti patung Budha, Hindu dan patung Yesus , selain diminati masyarakat lokal( dalam negeri)  juga banyak diminati oleh Negara Jepang, Cina, Korea dan India.

Penulis, Fitrajaya Nusananta, saat mengunjungi desa kerajinan bonggol jati di Blora, courtesy; fjnusananta

Author; Fitrajaya Nusananta

 

D) Sumber bibliografi:

Exit mobile version