Hari Lualhati, RETURN TO LOVE, courtesy; https://ndizagallery.com

Dia adalah seorang ARTIST (Painter, Illustrator, Graphic Artist, Designer) yang lahir di Filipina dan memperoleh gelar pada  Degree in Fine Arts in University of the Philippines, Diliman year 2006 (Cum Laude). Hari sekarang berbasis di Afrika Selatan.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 1
Hari Lualhati, courtesy; http://www.chromart.org

Pada waktu itu saya memutuskan untuk pindah ke Afrika Selatan dari Hong Kong bersama pasangan saya, saya menghadapi banyak tantangan. Selain perbedaan budaya, saya frustrasi ketika saya berjuang untuk mencari pekerjaan tetap karena kami terus-menerus pindah karena pekerjaan kontraktual pasangan saya. Jadi saya memutuskan untuk mengikuti hasrat saya untuk menjadi pelukis full time.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 2
Hari Lualhati ‘Kiss of Fate’, courtesy; http://www.chromart.org

Memilih cara ini saya bisa bekerja dari rumah saja. Waktu saya mulai mencari galeri, kebanyakan pemilik galeri hanya menerima seniman lokal Afrika Selatan atau lukisan pemandangan. Saya sudah membuat lukisan figuratif saat ini. Alih-alih kehilangan harapan, saya hanya fokus pada menjaga kondisi tubuh saya bekerja lebih kuat. Dan ada sebuah galeri mendekati saya ketika dia melihat lukisan saya di Media Sosial dan mengundang saya untuk bekolaborasi dari pameran mereka. Saya ikuti beberapa pameran di berbagai belahan Afrika Selatan dan Eropa. Lukisan yang saya buat mencerminkan bab hidup saya.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 3
Hari Lualhati artwork, courtesy; https://www.artupon.com
HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 4
Hari Lualhati artwork, courtesy; https://www.artupon.com
HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 5
Hari Lualhati artwork, courtesy; https://www.artupon.com
HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 6
Hari Lualhati artwork, courtesy; https://www.artupon.com
HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 7
Hari Lualhati artwork, courtesy; https://ndizagallery.com

Saya telah menggunakan simbolisme seperti mekarnya bunga Protea (bunga nasional Afrika Selatan) yang mewakili cintaku yang tumbuh pada negara. Ikan yang berenang di rumput melambangkan keadaan saya berada di luar zona nyaman saya. Saya telah belajar dari bagian hidup saya bahwa kadang-kadang, daripada putus asa berjuang menghadapi situasi yang tidak terkendali, lebih baik mengikuti arus. Rangkullah dan selalu lakukan yang terbaik dari apa pun yang ada dalam hidup Anda, dengan cara itu, Anda akan berkembang dan akan menjadi orang yang lebih baik.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 8
‘Wholehearted’ by Hari Lualhati, courtesy; http://www.chromart.org

Hari Lualhati kelahiran Filipina yang telah banyak bekerja di Manila, Hong Kong, Shenzhen Cina, dan Afrika Selatan. Dan sekarang dia berbasis di Afrika Selatan. Dia telah menerima banyak penghargaan dari kompetisi internasional seperti “Penghargaan Staf ARC dari International ARC Salon 2016 (USA) Art Renewal Centre ke 12,” Arte Dinamica “Grifio Art Award 2016 (Roma), Finalis Internasional ARC Salon Art 2015, Amerika Art Awards 2014- 1st Place (USA), The Palm Art Award Certificate of Excellence 2012 (Jerman, terpilih untuk Biennale 1 Seni Palermo 2012 (Italia), bagian dari daftar pendek Kompetisi Sampul Perlengkapan Seni Ken Bromley 2012 (Inggris) ), bagian dari Sepuluh Pemenang dari Vivid Arts Network “Penciptaan Sadar” Kompetisi Seni Rupa Internasional 2012 (New York), untuk beberapa nama. Dia juga telah tampil di berbagai majalah internasional dan surat kabar serta menjadi sampul Majalah Seni Internasional seperti Art Manager 7 Magazine tahun 2013, Majalah INSIGHT untuk tahun 2013 dan Close to Art Magazine, sebuah Majalah Seni-Desain-Arsitektur Prancis untuk tahun 2014.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 9
Medium: Graphite And White Chalk On Fabriano Paper, courtesy; https://ndizagallery.com

Karya seni Lualhati telah dipamerkan di Filipina, Hong Kong, Afrika Selatan, Italia, Jerman, Armenia, Ukraina, Praha, dan Spanyol.

“Saya melukis dengan hati saya. Bagi saya, sebuah lukisan akan berhasil jika dapat membuat siapa pun yang melihatnya dapat merasakan emosi yang seharusnya disampaikan lewat karyanya. Hal ini seperti menyampaikan pesan yang jelas dengan menyentuh hati para apresiator. ”- Hari Lualhati

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 10
Cinta dibuat terlihat melalui Seni, Hari Lualhati, courtesy; http://harilualhati.yolasite.com/
HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 11
Hari Lualhati, courtesy; http://miroirmagazine.com

Saya lahir tahun 1985 di Ibukota Seni Filipina, Angono, Rizal. Pada usia dini, saya telah menunjukkan banyak minat dalam melukis dan telah bergabung dan memenangkan beberapa kompetisi melukis (menjadi perwakilan sekolah yang konsisten).

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 12
Hari Lualhati, RETURN TO LOVE, courtesy; https://ndizagallery.com

Setelah menyelesaikan pendidikan, saya mulai bekerja di Manila, kemudian di Hong Kong dan Shenzhen Cina sebagai seniman grafis dan perancang produk. Sekarang, saya berbasis di Afrika Selatan. Afrika Selatan penuh dengan pemandangan menakjubkan yang pasti akan memikat hati siapa pun.

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 13
Hari Lualhati, RETURN TO LOVE, courtesy; https://ndizagallery.com

 

author: Fitrajaya Nusananta

HARI LUALHATI - Melukis Dengan Hati Yang LIAR 14

d] sumber bibliografi

  • http://www.chromart.org/painting-with-an-untamed-heart-hari-lualhati-interview/
  • https://www.artpeoplegallery.com/tag/hari-lualhati/
  • https://ndizagallery.com/hari-lualhati/
  • https://www.artrenewal.org/Salon2016/Artwork/Index/10370
  • https://www.saatchiart.com/print/Painting-Transcending-Love/657502/1969738/view
  • http://harilualhati.yolasite.com/
  • http://www.chromart.org/painting-with-an-untamed-heart-hari-lualhati-interview/wholehearted-by-hari-lualhati/
  • http://miroirmagazine.com/2018/07/15/interview-with-the-artist-hari-lualhati/
  • https://artzine.com/harilualhati/art/the-dreamcatcher
  • https://www.artupon.com/hari-lualhati/