Courtesy; Photo: Galerie de tableaux en très haute définition via Wikimedia Commons {{PD-1923}}

Siapa yang tidak mengenal monalisa? Mona Lisa dilukis oleh seniman Italia Leonardo da Vinci, yang dibuat sekitar 1503 sampai 1506, meskipun dari beberapa perkiraan dia terus mengerjakan sampai thn 1517.Dianggap oleh banyak orang sebagai lukisan paling terkenal di dunia. Mona Lisa adalah potret setengah telanjang dari sosok wanita yang diyakini sebagai istri dari Francesco del Giocondo, Lisa Gherardini. Lukisan tersebut berukuran 30 inci x 21 inci adalah senbuah lukisan cat minyak asli diatas panel poplar putih. Dia mulai mengerjakannya di Italia dan menyelesaikannya saat tinggal di Prancis. Kemudian diakuisisi oleh Raja Francis I dari Perancis dan menjadi milik Republik Perancis. Sejak 1797 telah dipamerkan di salah satu museum paling terkenal di dunia – Paris ‘Louvre.

Mona Lisa " Lisa Gherardini " Fakta - Fakta Menarik Karya Leonardo da Vinci 1
Pengunjung Museum Louvre melihat lebih dekat Mona Lisa, courtesy; www.leonardodavinci.net/

Fakta – fakta  menarik dari Mona Lisa:

Mona Lisa memiliki nama asli Monna Lisa, tetapi dikarenakan kesalahan ejaan menjadikannya Mona Lisa. Jika dalam bahasa Italia, Monna berarti Madonna, yang berarti ‘Nyonya saya’.

Banyak yang percaya lukisan tersebut dibuat dalam gambar Lisa Gherardini, tapi ada yang berpendapat bahwa itu adalah potret diri Leonardo da Vinci sendiri.

Lisa Gherardini adalah istri Francesco del Giocondo yang berusia 24 tahun dan ibu dari dua putra.

Mona Lisa " Lisa Gherardini " Fakta - Fakta Menarik Karya Leonardo da Vinci 2
“Mona Lisa” detail, courtesy; mymodernmet.com

Pada alis dan bulu mata Mona Lisa hilang, dan telah diperdebatkan selama bertahun-tahun. Beberapa pendapat percaya bahwa mereka secara tidak sengaja pada saat dikeluarkan selama restorasi. Yang lain percaya bahwa karena obsesi Leonardo da Vinci dengan kesempurnaan dalam karyanya mengakibatkan dia tidak pernah menyelesaikan lukisan – yang berarti Mona Lisa tidak pernah memiliki alis dari awal dibuat. Sangat populer pada saat itu menciptakan lukisan objek perempuan terlebih dahulu mencabut alis dan bulu mata mereka.

Pengamatan lain ada tiga lapisan sebelumnya di bawah Mona Lisa yang menggambarkan dirinya dalam berbagai pose.

Oleh karena itu Mona Lisa benar-benar tak ternilai dan karena itu tidak dapat diasuransikan dengan jumlah uang berapa pun.

Mona Lisa " Lisa Gherardini " Fakta - Fakta Menarik Karya Leonardo da Vinci 3
“Mona Lisa” detail, courtesy; mymodernmet.com

Kejadian pada 1911 Mona Lisa menghilang dari Louvre di Paris. Di antara para tersangka pencurian itu adalah Pablo Picasso. Dia diinterogasi dan dipenjara tetapi kemudian terbukti tidak bersalah.

Dan pada 1913 Vincenzo Perugia ditemukan sebagai pencuri sejati Mona Lisa. Dia adalah seorang patriot Italia dan sangat percaya lukisan itu harus bertempat di Italia. Dia adalah karyawan Louvre ketika dia mencurinya dan dia menyimpannya di apartemennya selama dua tahun. Ketika ia mencoba menjual lukisan itu ke sebuah galeri di Florence, Italia, identitasnya terungkap dan ia kemudian ditangkap karena pencurian.

Mahakarya Mona Lisa sangat diidolakan sehingga memiliki ruang khusus pengontrol iklim di Museum Louvre di Paris, dengan kaca anti peluru untuk melindunginya. Kamar ini diperkirakan memiliki biaya lebih dari $ 7 juta pada saat dibangun.

Sebelum memiliki kamar sendiri di Louvre, Mona Lisa mengalami kerusakan. Kejaidan tersebut terjadi tahun 1956 Ugo Ungaza melempar batu ke arah Mona Lisa dan merusak sebagian lukisan di dekat siku kirinya.

Mona Lisa " Lisa Gherardini " Fakta - Fakta Menarik Karya Leonardo da Vinci 4
Mona Lisa, courtesy; Courtesy of LeonardoDaVinci.net

The Mona Lisa selalu menjadi topik hangat di dunia seni. Dengan keunikan ekspresi wajahnya telah menjadi bahan perdebatan selama bertahun-tahun. Ekspresinya umumnya netral tetapi perdebatan tentang emosi di balik ekspresinya menunjukkan bahwa dia bahagia, jijik, takut, atau marah.

Mona Lisa dicat dengan cat minyak pada panel kayu poplar karena dimensi lukisan itu sebenarnya hanya 53 x 77 sentimeter (21 x 30 inci) – yang hanya sedikit lebih besar dari selembar kertas A2.

Mona Lisa sekarang berusia lebih dari 500 tahun!

author ; Fitrajaya Nusananta

D) Sumber bibliografi:

  • https://mymodernmet.com/leonardo-da-vinci-mona-lisa-facts
  • http://www.softschools.com/facts/history/mona_lisa_facts/2140/
  • https://www.quora.com/What-are-some-amazing-facts-about-the-painting-Mona-Lisa
  • https://www.leonardodavinci.net/the-mona-lisa.jsp