courtesy; travelpast50.com

Apakah ada ada tujuan lain yang menimbulkan begitu banyak respons berbeda seperti yang dilakukan di Khajuraho. Patung-patung erotis Khajuraho adalah pusat perhatian semua mata, namun, Anda akan berpendapat beragam reaksi dari orang-orang yang mengunjungi kota tersebut. Sementara beberapa bersikap sinis dan yang lain merasa ngeri. Beberapa ada yang malu, yang lain kecewa. Pemandu dengan wajah ramah menunjuk ke “aktivitas lisan” atau ke “aktivitas kelompok”, sementara sebagian besar turis tertawa atau berpaling. Para pedagang di jalanan menjual kamasutra yang dikemas sebagai lukisan,buku atau ukiran kasar yang menggambarkan berbagai bentuk cara bercinta.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 1
Ukirannya hampir sepenuhnya menutupi dinding eksterior kuil, courtesy; travelpast50.com

Kelompok Monumen Khajuraho adalah sekelompok kuil Hindu di Chhatarpur, Madhya Pradesh, India. Kuil-kuil tersebut terkenal dengan patung-patung erotis dan arsitektur simbolik gaya Nagara mereka. Kelompok monumen Khajuraho adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Peringatan: jika Anda mudah tersinggung oleh gambar-gambar seksual, Anda mungkin ingin berhenti scroll down di sini!!

Kuil Khajuraho sebagian besar dibangun antara 950 dan 1050 oleh dinasti Chandela. Pada abad ke-12, situs candi Khajuraho memiliki 85 candi yang tersebar di 20 kilometer persegi. Dari jumlah tersebut, hanya 25 candi yang bertahan, tersebar lebih dari 6 kilometer persegi.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 2
Perhatikan bahwa beberapa posisi seksual Kama Sutra memerlukan dukungan, courtesy; travelpast50.com

Namun, kita dapat melihat intrik di sekitar patung erotis Khajuraho yang menghiasi dinding kuil-kuil ini. Kita akan heran mengapa Chandelas, yang memerintah lebih dari 1000 tahun yang lalu membangun monumen-monumen ini yang mewakili cinta dan nafsu dalam berbagai bentuk. Dan bukan hanya Chandelas. Mari kita kembali ke India selama abad ke 9 – 12 – dari Utara ke Selatan, ada banyak kuil dengan patung-patung erotis. Para Chalukya dan kuil Hoysala telah mengukir mereka di dinding mereka, bahkan jika mereka tidak sejelas yang ada di Khajuraho atau Konark. Apakah itu semacam manual yang dimiliki para pemahat ini atau apakah itu kepercayaan yang mengarahkan mereka pada ukiran patung erotis Khajuraho ini?

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 3
Fleksibilitas adalah kebajikan, courtesy; travelpast50.com

Sepertinya ada interpretasi yang berbeda mengenai patung erotis Khajuraho – dari cerita hingga kepercayaan spiritual dan saya pikir saya akan membaginya dengan Anda dan mendapatkan perspektif Anda.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 4
“Anda tidak perlu berlatih yoga untuk melakukan ini.” Perhatikan bahwa “pembantu-pembantu” membantu Anda dengan mendapatkan juga kesenangan untuk mereka sendiri, courtesy; travelpast50.com

Cerita favorit saya akan saya mulai disini; Bulan selalu membangkitkan romansa dan tidak mengherankan kemudian bahwa keturunan dewa bulan yang sempurna akan membangun monumen yang mewakili cinta. Cerita berlanjut bahwa seorang wanita cantik bernama Hemavathy sedang mandi dalam gelap di bawah sinar rembulan, ketika dia tergoda oleh bulan itu sendiri. Dia berlari ke hutan untuk berlindung dan membesarkan putranya, Chandravarman. Namun bulan tersebut menjanjikannya bahwa suatu hari putra mereka akan memerintah atas satu kerajaan. Sesuai dengan kata-katanya, Chandravarman tumbuh besar dan dia mendirikan dinasti Chandela. Bisa diiyakini bahwa dia dipengaruhi oleh kisah ibunya, oleh karena itu dia membangun kuil dengan patung-patung yang mungkin menggambarkan hasrat manusia.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 5
Dan, ada juga pose yang kurang “ambisius”,courtesy; travelpast50.com

Bila Anda tidak  akan terpesona dengan kisah di balik patung erotis Khajuraho, di sini ada kepercayaan lain yang mengatakan bahwa ukiran mithunas adalah simbol “keberuntungan” bersama dengan beberapa patung yang memamerkan makhluk mitos. Interpretasi lain mengatakan mereka melayani sebagai bentuk pendidikan seks, dengan menyalakan kembali gairah dalam pikiran asketis manusia, yang mungkin banyak dipengaruhi oleh agama Buddha.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 6
Pesta pahatan yang sesungguhnya, courtesy; travelpast50.com

Memandang beberapa intepretasi yang berbicara tentang berbagai kepercayaan dalam Hinduisme yang tampaknya ada di depan. Salah satu dari mereka berbicara tentang meninggalkan nafsu dan keinginan Anda sebelum memasuki kuil – yang mungkin oleh sebab itu mengapa tidak ada ukiran seks di dalam kuil. Mithunas atau pasangan yang jatuh cinta hanya digambarkan di dinding luar kuil. Para pemandu wisata, akan memberi tahu kita bahwa ini adalah penggambaran filosofi Hindu Dharma, Artha, Kama, Moksha. Mungkin Anda bisa mencapai nirwana, begitu Anda selesai dengan semua kesenangan duniawi Anda.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 7
Lalu ada kebinatangan. Ini adalah tablo tentara di pawai, mengambil kesenangan mereka di mana mereka bisa, courtesy; travelpast50.com

Namun, ada pendapat pemandu lain, menyebutkan bahwa hal itu lebih merupakan penggambaran pemujaan dan kepercayaan Tantra. Kuil Chausath Yogini, sebuah kuil Tantra yang didedikasikan untuk 64 dewi adalah kuil tertua di Khajuraho. Udara mistis menggantung di sekitarnya, meskipun semua tempat suci itu kosong. Dipercaya bahwa Khajuraho dipenuhi energi dari 64 yogi mengendalikan esensi kehidupan, menyeimbangkan tubuh dan pikiran secara bersamaan. Sambil membaca berbagai kepercayaan tantra, salah satu dari mereka bahkan membandingkan Mithunas bercinta sebagai metafora, mewakili citra seksual dari kekuatan kehidupan – penyatuan Shiva dan Shakthi. Filsafat bahkan meluas ke arsitektur. Beberapa bahkan bias dilihat dari desain yang mana sebagai simbol persatuan Shiva dan Savitri.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 8
Beberapa diantara patung tersebut, inilah yang favorit saya, lebih dengan gaya telanjang Barat klasik merayakan keindahan bentuk manusia. Meskipun sedikit berlebihan, courtesy; travelpast50.com

Penafsiran berbeda bahkan mengatakan bahwa kuil-kuil itu sendiri dirancang sebagai bentuk “penggoda”. Dan ada kepercayaan yang berpusat di sekitar kultus tantra yang menjelaskan bahwa patung-patung itu adalah perumpamaan dan sebenarnya adalah bentuk bahasa, suatu bentuk pendidikan. berbagai doktrin kultus melalui simbol dan citra.

Dokumentasi tentang candi-candi ini memberikan menafsirkan bahwa 10% dari gambar erotis yang menghiasi dinding 22 candi yang tersisa. Setidaknya ada 85 candi yang tampaknya dibangun oleh Chandelas. Sementara kita telah mempelajari tentang Mauryas dan Guptas, Chalukya dan Chola, kita telah lupa untuk membaca tentang keberanian dari Chandelas yang bahkan telah menahan Mohammad Ghur dan mendapatkan kembali benteng Kalinjar yang hilang dari Mahmud Ghazni.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 9
Kuil Kandariya Mahadev dipenuhi dengan patung-patung erotis, courtesy; lakshmisharath.com

Dan kembali ke 22 kuil yang tersisa, yang didedikasikan untuk Jainisme dan Hindu, adalah yang diperuntukkan untuk mereka dengan citra seksual. Mereka dibagi dalam tiga kelompok utama – Barat, Timur dan Selatan. Sebagian besar patung erotis terlihat di Kelompok Kuil Barat. Beberapa kuil di Kelompok Timur didedikasikan untuk Jain teerthankaras.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 10
Lebih banyak ukiran di dinding, courtesy; lakshmisharath.com

Membaca buku tentang Khajuraho, saya belajar bahwa patung-patung tersebut dikelompokkan ke dalam lima kategori besar. Kategori pertama adalah gambar kultus dan dibangun persis seperti yang ditentukan dalam manual – Shilpashastra. Anda dapat melihat beberapa dari mereka diukir sebagai teerthankara di museum Jain.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 11
Musicians di Khajuraho, courtesy; lakshmisharath.com

Kategori kedua adalah yang Anda lihat di relief dan ceruk yang mereka biasanya mewakili petugas, dewa penjaga, gandharva, shiva ganas, ashta dikpalas antara lain.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 12
A caravan in Khajuraho, courtesy; lakshmisharath.com

Yang ketiga adalah favorit saya – bidadari, juga disebut sebagai sapna sundaris. Para pematung tampaknya telah mengambarkan ukiran tentang wanita-wanita cantik ini dalam berbagai kegiatan. Mereka terlihat tampak begitu hidup dan indah.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 13
Ukiran di dinding candi, courtesy; lakshmisharath.com

Nimfa yang anggun ini menggambarkan emosi manusia. Anda seperti mereka menari, melukis, memegang burung beo, membelai bayi atau menggaruk punggung atau hanya membuka baju. Di Khajuraho Anda dapat melihatnya di beberapa kuil Hoysala terletak di sisi lain.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 14
Permainan cahaya di dalam kuil di Khajuraho, courtesy; lakshmisharath.com
PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 15
Grup Barat memiliki jumlah candi maksimum, courtesy; lakshmisharath.com

Dan kemudian Anda memiliki adegan dari kehidupan sehari-hari. Mereka menyebutkan sebagai “patung sekuler.” Prajurit, penari, musisi digabungkan dengan adegan-adegan istana kerajaan, seorang guru dan murid, seorang pemahat dengan murid-muridnya dan bahkan adegan pemakaman. Selain itu semua ini  Anda dapat melihat juga  hewan-hewan mitos bahkan dengan motif-motif bunga.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 16
Kelompok Kuil Barat, courtesy; lakshmisharath.com

Akhirnya Anda melihat patung erotis Khajuraho yang terkenal. Mithunas kawin mengelompokkan seks ke adegan seks yang tidak wajar. Dan sementara semua objek-objek patung akan tetap Anda ingat sampai kapanpun Anda akan sulit melupakannya.

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 17

foto courtesy; http://www.bharatonline.com

Lokasi: India Tengah

Madhya Pradesh terletak pada posisi yang ditengah, sebagai negara bagian terbesar kedua di India, dengan Rajasthan yang pertama. Sebelumnya, tempat itu dianggap sebagai negara bagian terbesar di India. Secara harfiah, Madhya Pradesh berarti ‘Provinsi Tengah’. Adalah nama yang tepat, karena negara ini persis terletak di tengah peta India. Seluruh negara bagian Madhya Pradesh membentang bermil-mil dan mencakup luas total 3.08.144 km persegi. Hari ini, Madhya Pradesh berbatasan dengan negara bagian tetangga Uttar Pradesh, Chhattisgarh, Maharashtra, Gujarat dan Rajasthan.

author; Fitrajaya Nusananta

PATUNG & RELIEF EROTIS di KUIL KHAJURAHO, India. Simbol Maskulin dan Feminin Dewa-Dewa 18

d] sumber bibliografi;

  • https://lakshmisharath.com/stories-erotic-sculptures-of-khajuraho/
  • http://www.ourglobaltrek.com/khajuraho-erotic-sculptures-of-indian-art/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Khajuraho_Group_of_Monuments
  • https://travelpast50.com/erotic-sculptures-khajuraho-india/
  • https://lakshmisharath.com/stories-erotic-sculptures-of-khajuraho/