2006–07 photograph after cleaning[f], courtesy; Image via Wikimedia Commons

Leonardo melukis Salvator Mundi mungkin untuk Raja Louis XII dari Perancis dan permaisuri nya, Anne dari Brittany. Kemungkinan besar ditugaskan setelah penaklukan Milan dan Genoa.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 1
IN 2017, THE SALVATOR MUNDI SOLD FOR $450 MILLION.
AFP CONTRIBUTORGETTY IMAGES, courtesy; https://www.townandcountrymag.com

Salvator Mundi yang penuh dengan misteri dikaitkan dengan Leonardo da Vinci yang agung. Setelah menjual seharga US $ 450 juta pada 2017 — yang tertinggi sepanjang masa di dunia seni — keberadaannya tidak diketahui. Apakah lukisan tersebut dilukis oleh Da Vinci sendiri juga merupakan titik perdebatan; para ahli seni dan sejarah menduga sebagian besar kemungkinan pekerjaan itu diselesaikan oleh penolongnya sementara yang lain sangat yakin itu palsu.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 2
The “Salvator Mundi” is the source of ongoing debate between scholars and art historians. Credit: Drew Angerer/Getty Images North America/Getty Images, courtesy; https://edition.cnn.com

Louvre di Paris, sekarang telah menetapkan karya seni tersebut dengan tanggal baru, seperti dicatat oleh The Art Newspaper. Sebelumnya dideskripsikan telah dilukis sekitar 1500, sekarang para curator berpikir karya tersebut sedikit lebih muda dari yang diperkirakan, dan memperkirakan pembuatannya mendekati tahun 1510.

Salvator Mundi adalah bagian dari jajaran museum untuk pameran besar karya Leonardo da Vinci memperingati ulang tahun kematian seniman yang ke-500, tetapi apakah lukisan tersebut akan muncul atau tidak di pertunjukan? Karena lokasi sebenarnya masih dirahasiakan.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 3
Bidding hits $400 million at Christie’s in New York in November 2017. After fees, the painting’s final sale price was $450.3 million. Credit: Eduardo Munoz Alvarez/Getty Images, courtesy; https://edition.cnn.com

The Old Master portrait of Jesus Christ memegang bola kristal yang mewakili kosmos dikhawatirkan hilang, karena telah dijanjikan untuk di pinjamkan kepada Louvre,  tetapi tidak pernah muncul sejak penjualannya pada 2017. Namun, sumber mengatakan karya tersebut itu berada di superyacht 439 kaki Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman.

Selain memberikan tanggal revisi pada lukisan itu, Louvre akan memberikannya atribusi yang dikonfirmasi kepada Da Vinci di pameran mendatang, yang akan berlangsung dari 24 Oktober 2019 hingga 24 Februari 2020.

Salvator Mundi sangat diyakini telah dihancurkan. Lukisan itu hilang dari 1763 hingga 1900, ketika dibeli oleh Sir Charles Robinson sebagai karya Bernardino Luini, seorang pengikut Leonardo. Selanjutnya muncul di Sotheby di Inggris pada tahun 1958 di mana ia dijual seharga £ 45 – sekitar $ 125 pada saat itu. Kemudian menghilang lagi sampai dibeli di rumah lelang kecil AS pada tahun 2005.

Walaupun demikian ada beberapa pakar seni Renaisans terkemuka yang mempertanyakan pengaitan lukisan itu dengan Leonardo, lukisan itu dijual di lelang di Christie’s di New York pada bulan November 2017 dengan harga $ 450.312.500, harga rekor baru untuk sebuah karya seni. Pembeli tidak diungkapkan. Harga tertinggi yang sebelumnya dibayarkan untuk sebuah karya seni di pelelangan adalah untuk Les Femmes d’Alger karya Pablo Picasso, yang dijual seharga $ 179,4 juta pada Mei 2015 di Christie’s New York.

SALVATOR MUNDI

Salvator Mundi adalah lukisan karya seniman Renaisans Italia Leonardo da Vinci tertanggal c. 1500. Dianggap salinan asli yang hilang terselubung dengan overpainting, ditemukan kembali, dipulihkan, dan di ikut sertakan pada pameran besar Leonardo di Galeri Nasional, London, pada 2011-12. Meskipun beberapa cendekiawan terkemuka menganggapnya sebagai karya orisinal oleh Leonardo, atribusi ini telah diperdebatkan oleh spesialis lain, beberapa di antaranya berpendapat bahwa ia hanya berkontribusi pada elemen tertentu.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 4
Salvator Mundi, The painting after its modern restoration and framing, courtesy;
Image via Wikimedia Commons
SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 5
2006–07 photograph after cleaning, courtesy;
Image via Wikimedia Commons
SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 6
Christ’s hands, rendered curls of his hair, and drapery are well preserved, close to their original state. courtesy;
Image via Wikimedia Commons
SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 7
Pentimenti visible in the palm of the left hand shown through the transparent orb may be evidence of Leonardo’s authorship, courtesy;< Image via Wikimedia Commons

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 8
Over-cleaning resulted in abrasion over the entire painting, especially in the face and hair.[75] Above Christ’s left eye (right) are visible marks that the artist made to soften the flesh with the heel of his hand, courtesy;
Image via Wikimedia Commons
Pada lukisan tersebut menggambarkan Yesus dalam pakaian Renaissance, membuat tanda salib dengan tangan kanannya, sambil memegang bola kristal transparan yang tidak membias di kirinya, menandakan perannya sebagai Salvator Mundi (bahasa Latin untuk ‘Juruselamat Dunia’) dan mewakili ‘ruang angkasa’ surga. Sekitar 20 variasi karya lain diketahui, oleh para siswa dan pengikut Leonardo. Gambar kapur persiapan dan tinta dari tirai oleh Leonardo disimpan di British Royal Collection.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 9
The “Salvator Mundi” on display in New York ahead of the 2017 auction. Credit: AFP Contributor/AFP/AFP/Getty Images, courtesy; https://edition.cnn.com

Karya ini adalah salah satu dari kurang lebih 20 karya yang diketahui oleh Leonardo, dan merupakan satu-satunya yang tersisa dalam koleksi pribadi. Karya tersebut dijual di lelang seharga $ 450,3 juta pada 15 November 2017 oleh Christie’s di New York kepada Pangeran Badr bin Abdullah, membuat rekor baru untuk lukisan paling mahal yang pernah dijual di pelelangan umum. Pangeran Badr diduga melakukan pembelian atas nama Abu Dhabi’s Department of Culture and Tourism, tetapi sejak saat itu ia berpendapat bahwa ia mungkin telah menjadi penawar pengganti untuk sekutu dekatnya dan pangeran mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 10
Questions over its authenticity have raged over Leonardo da Vinci’s Salvator Mundi for more than a decade. Photograph: Kirsty Wigglesworth/AP, courtesy; https://www.theguardian.com

Sebagai informasi dari laporan akhir-2017 bahwa lukisan tersebut akan dipajang di Louvre Abu Dhabi dan pembatalan yang tidak dijelaskan atas pembukaannya pada September 2018 yang dijadwalkan. Lokasi saat ini dari lukisan tersebut tidak diketahui, tetapi sebuah laporan bulan Juni 2019 menyatakan bahwa lukisan itu disimpan di kapal pesiar mewah bin Salman, sambil menunggu penyelesaian pusat kebudayaan di Al-`Ula dan Oktober 2019 laporan mengindikasikan bahwa karya tersebut mungkin akan di simpan di Swiss.

Author: David Tilabastari

SALVATOR MUNDI - Mystery Leonardo da Vinci's Masterpiece Seharga $ 450 Million 11

Referensi:

  • https://designtaxi.com/news/406204/World-s-Priciest-Painting-Attributed-To-Leonardo-Da-Vinci-Gets-A-New-Birthday/
  • https://www.leonardodavinci.net/salvator-mundi.jsp
  • https://www.theguardian.com/artanddesign/2019/oct/13/leonardo-da-vinci-salvator-mundi-jesus-louvre-exhibition
  • https://www.townandcountrymag.com/leisure/arts-and-culture/a29327260/salvator-mundi-leonardo-da-vinci-louvre/
  • https://edition.cnn.com/style/article/salvator-mundi-leonardo-da-vinci-whereabouts/index.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Salvator_Mundi_(Leonardo)