Sang Legenda, Desainer KARL LAGERFELD “ Manusia Renaisans Prancis”

189
Karl Lagerfeld, courtesy; thehula.com

Sang legenda Karl Lagerfeld Perancang busana dan fotografer Jerman. Pada tahun 1983 ia menjadi direktur artistik House of Chanel. Bekerja untuk membuat koleksi pakaian jadi untuk Chanel. Dikenal sebagai pencipta parfum.

Karl Lagerfeld, direktur kreatif Chanel dan Fendi yang dikenal karena kreativitasnya yang berkembang, pengaruh modern dan gaya dan kecerdasan pribadi, telah menutup usianya 85 tahun 19 Febrruari 2019 yang lalu.

Lagerfeld dalam kesehatan yang buruk. Dia tampak absen dari pertunjukan adibusana musim semi 2019 Chanel, yang diadakan 22 Januari di Grand Palais di Paris; sebuah pengumuman dibuat setelah langkah terakhir para model bahwa Lagerfeld merasa lelah dan tidak dapat hadir.

Vittorio Zunino Celotto/gambar, Karl Lagerfeld, courtesy; www.hollywoodreporter.com

“Seorang individu kreatif yang luar biasa, Lagerfeld menciptakan kembali kode merek yang dibuat oleh Gabrielle Chanel: jaket dan jas Chanel, gaun hitam kecil, kain wol yang berharga, sepatu dua warna, tas berlapis, mutiara dan perhiasan kostum,” merek kata dalam sebuah pernyataan.

Kepala Chanel Alain Wertheimer menambahkan; dia dikenal sebagai direktur kreatif rumah mode Prancis Chanel, posisi yang dipegang sejak 1983 hingga kematiannya, dan juga direktur kreatif rumah mode kulit dan barang kulit Italia Fendi, dan label mode eponim sendiri. Dia berkolaborasi dalam berbagai proyek fashion dan yang berhubungan dengan seni.

Perancang busana Jerman Karl Lagerfeld mengakui hadirin di akhir peragaan busana koleksi siap-pakai Chanel 2017 Spring / Summer, courtesy; gambar: Sumber AFPS: AFP
Desainer Jerman Karl Lagerfeld menyatakani publik pada akhir acara koleksi Haute Couture Chanel Fall-Winter 2009 di Paris pada 1 Juli 2008, courtesy; FRANCOIS GUILLOT / AFP / gambar-nationalpost.com
Dalam file ini foto yang diambil pada bulan Maret 1987 desainer Jerman Karl Lagerfeld berpose dengan gunting di studio fesyennya, courtesy; gambar PIERRE GUILLAUD / AFP /

Direktur Chanel Alain Wertheimer menambahkan, “Berkat kejeniusan kreatifnya, kemurahan hati dan intuisi yang luar biasa, Karl Lagerfeld adalah yang terdepan di masanya, yang banyak berkontribusi pada keberhasilan House of Chanel di seluruh dunia. Hari ini, bukan saja aku kehilangan teman, tetapi kita semua telah kehilangan pikiran kreatif yang luar biasa kepada siapa saya memberi carte blanche pada awal 1980-an untuk menciptakan kembali merek ternama ini. ”

Direktur studio Chanel dan kolaborator terdekat Lagerfeld, Virginie Viard selama lebih dari 30 tahun, akan membuat koleksi mendatang mengatakan “dia adalah salah satu desainer paling berpengaruh dan paling terkenal di abad ke-21 dan seorang ikon, simbol gaya universal. Didorong oleh rasa kreativitas yang fenomenal, Karl sangat bersemangat, kuat dan sangat ingin tahu. Dia meninggalkan warisan yang luar biasa sebagai salah satu desainer terhebat di zaman kita.

Dan selanjutnya Fendi meratapi Lagerfeld dalam serangkaian pernyataan, menyebut perancang akhir “perintis” dan seseorang  yang memimpin Fendi melalui lima dekade murni, inovasi yang tak tergoyahkan , memberi kehidupan pada kreasi yang telah melampaui batas mode. ”

Karl Lagerfeld, courtesy; AFPSource:AFP
Karl Lagerfeld, courtesy; Photo: Reproduction / Instagram-www.lofficiel.at
KARL LAGERFELD NAMED “PARIS PHOTO” GUEST OF HONOUR, courtesy; www.karl.com
KARL LAGERFELD, courtesy; thehula.com-https://thehula.com/blog/the-best-karl-lagerfeld-quotes/

“Sejak hari-hari pertamanya di Fendi, hubungan terpanjang di dunia mode antara seorang desainer dan sebuah rumah mode, Karl Lagerfeld adalah seorang visioner sejati dalam segala hal yang disulapnya, dari kampanye iklan hingga koleksi ready-to-wear dan couture-nya, “kata merek itu dalam sebuah pernyataan. “Dia berani mendorong batasan, seorang jenius modern dengan rasa unik estetika yang tak kenal takut, yang memengaruhi seluruh generasi desainer. Berkat kreativitas Karl Lagerfeld yang tak tertandingi, bekerja sama dengan Silvia Venturini Fendi, Fendi hari ini identik dengan kualitas abadi , tradisi yang kuat, eksperimen tanpa henti dan kreativitas yang berani. Kepergiannya menandai kehilangan yang tak terbayangkan di Fendi. ”

Desainer dan fotografer – yang dikenal karena gaya khasnya berupa kemeja putih, kuncir putih, sarung tangan tanpa jari, dan kacamata hitam – bergabung dengan Fendi pada tahun 1967 (ketika ia berkolaborasi dengan Silvia Fendi untuk pakaian siap pakai wanita) dan menjadi direktur artistik dari Chanel pada tahun 1983 (mengawasi adibusana haute dan ready-to-wear). Tahun berikutnya, Lagerfeld memulai merek fesyen eponymous-nya sendiri untuk menjual pakaian siap pakai bertema Paris dan bertema rock untuk pria dan wanita sambil melanjutkan pekerjaannya bersama Fendi dan Chanel hingga kematiannya.

Karl Lagerfeld, courtesy; www.lofficiel.at
Designer Karl Lagerfeld in Venice.

Lagerfeld kelahiran Jerman ini dipuji sebagai “master reinvention” oleh Vogue dan sebagai “Manusia Renaisans Prancis yang terus berubah.” Lagerfeld “tanpa henti” menciptakan kembali jaket wol, tas berlapis dan mutiara yang dipopulerkan oleh Coco Chanel, pendiri rumah Prancis, sedemikian rupa sehingga WWD menulis, “Karl Lagerfeld hampir sama identik dengan Chanel seperti Coco Chanel sendiri.”

Pada 2017, ia dianugerahi kehormatan tertinggi di Paris, La Medaille Grand Vermeil de la Ville, di atas banyak penghargaan lainnya, termasuk Outstanding Achievement Award di British Fashion Awards 2015 dan Couture Council Fashion Visionary Award pada 2010.

“Aku mendesain seperti bernafas,” kata Lagerfeld. “Kamu tidak memintaku untuk bernafas – itu hanya terjadi.”

Lagerfeld memotret sampul edisi penata gaya The Hollywood Reporter pada tahun 2015, potret glamor dari perancang stylist Brandon Maxwell dengan klien saat itu Lady Gaga, yang mengatakan pada pemotretan, “Kami tidak bergerak hari ini tanpa Karl.” Lagerfeld secara pribadi memilih tampilan sampul Gaga dari arsip rumah – gaun blush-hued dan jaket motor kulit berlapis dari pemotretan ikon Wild at Heart Vogue Peter Lindbergh 1991 yang ikonik. Carine Roitfeld, Stephen Gan dan Ingrid Sischy (editor majalah Wawancara Andy Warhol), semuanya orang kepercayaan Lagerfeld, berhenti di depan syuting.

Karl Otto Lagerfeldt lahir di Hamburg, Jerman, pada 10 September 1933, dari seorang pengusaha Jerman dan ibu Swedia; dia kemudian mengubah nama keluarganya agar terdengar lebih “komersial.” Lagerfeld pindah ke Paris ketika dia berusia 14 tahun, belajar sejarah dan menggambar dan menyelesaikan sekolah di Lycee Montaigne. Dia berkata tentang pengasuhnya yang istimewa: “Ayah saya … dia tidak pernah bisa mengatakan tidak, jadi saya mendapatkan semua yang saya inginkan. Saya memiliki Bentley ketika saya berumur 20 tahun. ”

Direktur kreatif Chanel, Karl Lagerfeld meninggal pada hari Selasa 19 Februari, berusia 85, courtesy; / AFP / ADALBERTO ROQUE-https: //www.thenational.ae
Dalam file ini foto diambil pada tanggal 20 Maret 1995, desainer Jerman Karl Lagerfeld, diapit oleh model Jerman Claudia Schiffer, menghadiri di akhir presentasi koleksi ready-to-wear Chanel’s Fall-Winter 1996 di Paris. PIERRE VERDY / AFP / Getty Images
Lagerfeld dengan model Cindy Crawford, Helena Christensen dan Claudia Schiffer di acara Chanel pada tahun 1993, courtesy; LIONEL CIRONNEAU / ASSOCIATED PRESS-www.capeandislands.org

Dan pada tahun 1955, Lagerfeld memasuki dunia mode sebagai asisten Pierre Balmain setelah ia memenangkan hadiah untuk sketsa mantel yang diproduksi oleh Balmain. Dia akhirnya mulai untuk merancang haute couture untuk Jean Patou sebagai direktur seni termuda pada tahun 1957.

Lagerfeld disewa oleh pendiri Chloe Gaby Aghion pada tahun 1965 dan bekerja sampai posisi desainer kepala. Di Chloe, ia menjadi perancang pertama yang merilis wewangian tanpa mereknya sendiri, mengembangkan semangat rumah “Prancis” dan memulai debutnya dengan pakaian ikonik Angkor. “Aghion merekrut Karl Lagerfeld yang saat itu belum dikenal untuk bekerja dengannya di tahun 60-an, dan pada tahun 70-an dia memimpin dua koleksi tahunan rumah mode saat itu” majalah W menulis tentang bagaimana Chloe mengubah Lagerfeld menjadi “superstar.”

Dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun di Chanel, Lagerfeld berkolaborasi dengan beberapa bintang Hollywood, merancang kostum konser untuk Madonna, memotret dan mewawancarai Justin Bieber, menciptakan kampanye tas jender-cairan dengan Kristen Stewart dan Pharrell Williams dan menampilkan Chanel No. 5 L’Eau duta wewangian Lily-Rose Depp di sebuah pertunjukan landasan pacu. Semangat lama Hollywood-nya, Keira Knightley, bergabung dengan rumah itu sebagai wajah Chanel’s Coco Mademoiselle pada 2006.

Kevin Mazur / WireImage.Madonna mengenakan desain Karl Lagerfeld untuk bagian sirkus dari tur Re-Invention-nya di New York pada Juni 2004, dengan hormat; www.hollywoodreporter.com

Pada tahun 2018, Lagerfeld memulai debutnya dengan koleksi kapsul Kaia x Karl “dari Paris ke L.” dengan model pemula Kaia Gerber, putri Cindy Crawford, untuk garis keturunannya sendiri. Merek KL mengetuk Roitfeld, editor dan stylist, untuk kolaborasi H&M dan kolaborasi pada tahun 2019 yang disebut “The Edit oleh Carine Roitfeld” dengan pilihan-pilihan dasarnya.

Lagerfeld mendapatkan tepuk tangan setelah pertunjukan Chanel di Paris pada 2013, dengan hormat; PETROFF BERTRAND RINDOFF / GETTY IMAGES-www.capeandislands.org
Rindoff / Le Segretain / Getty Images, Karl Lagerfeld, anak baptisnya Hudson Kroenig dan model Cara Delevingne di akhir acara Chanel sebagai bagian dari Paris Fashion Week Womenswear Musim Semi / Musim Panas 2016., courtesy; www.hollywoodreporter.com

Ketertarikannya pada musik dan bintang wanita dapat ditelusuri hingga tahun 1980-an dan fashionista Prancis, Ines de la Fressange, yang menjadi duta merek pertama untuk Chanel (dan kembali dua dekade kemudian untuk pertunjukan musim semi / musim panas 2011). Favorit Hollywood lainnya termasuk Julianne Moore, Miley Cyrus, Willow Smith, Kendall Jenner, Tilda Swinton dan Cara Delevingne.

“Karl selalu, sejak awal, membuat saya merasa menjadi diri sendiri adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Dan di dunia [mode], hal itu jarang terjadi,” kata Stewart kepada majalah V pada 2017. “Dia seorang yang kompulsif dan obsesif artis, dan hal itu sangat menular. Dan dia baik. Dia adalah siapa dia karena suatu alasan. Aku merasa sangat beruntung berada di ruangnya begitu sering. ”

Lagerfeld “tanpa henti” menemukan kembali tweed signature Chanel, seperti di acara Chanel Haute Couture Fall Winter 2018/2019, Chanel Spring Summer 2018 show, dan Womenswear Spring / Summer 2017 show, courtesy; www.hollywoodreporter.com

Dia memulai label Lagerfeld Gallery dari galeri seninya di Left Bank of Paris, menunjukkan koleksi siap pakai dari 2002-05. Tahun itu, Tommy Hilfiger membeli merek dagang Karl Lagerfeld, termasuk Lagerfeld Gallery dan merek Karl Lagerfeld, sebesar $ 27,5 juta, menurut The New York Times. Hilfiger mempertahankannya sebagai direktur kreatif.

Lagerfeld adalah salah satu desainer mewah pertama yang membawa fesyennya kepada massa. Selain kolaborasinya dengan H&M (yang diikuti oleh Stella McCartney, Versace dan Balmain bekerja dengan pengecer), Lagerfeld berkolaborasi untuk sepatu kets untuk Vans, produk kecantikan untuk merek Australia ModelCo, pameran foto untuk Audi, jam tangan untuk Fossil, alas kaki untuk Merek Italia Hogan pada 2010, barang pecah belah untuk perusahaan Swedia Orrefors pada 2011, kotak edisi terbatas Diet Coca-Cola yang dibuat bekerja sama dengan butik Parisian Colette yang sudah tidak berfungsi lagi pada 2010, busana kapsul untuk Macy’s pada 2011 dan garis dengan riasan Jepang merek Shu Uemura, yang produk kosmetiknya ia gunakan untuk membuat sketsa gambar fesyennya. pada tahun 2012, Lagerfeld merilis koleksi liburan dengan Shu Uemera berjudul Mon Shu Uemera yang membintangi karakter manga yang ia ciptakan bernama Mon Shu, yang ia tindak lanjuti dua tahun kemudian dengan garis kecantikan oleh Choupette kucing terkenal Lagerfeld, yang menampilkan karakter “Shupette.”

Karl Lagerfeld dengan muse Chanel Lily-Rose Melody Depp, putri Johnny Depp dan Vanessa Paradis, courtesy: Sumber AFPS: AFP

Proyeknya yang baru-baru ini menunjukkan keserbagunaannya dengan seni, termasuk peti pensil senilai $ 2.825, sebuah roket Chanel diluncurkan di Grand Palais dan merek keramahtamahan internasional bernama Karl Lagerfeld Hotel and Resorts. Ia menjabat sebagai ketua bersama Met Gala bertema Chanel 2005 bersama Anna Wintour dan Nicole Kidman, seorang wajah merek saat itu.

Lagerfeld menjaga kehidupan pribadinya relatif pribadi, meskipun dia membuka tentang pasangannya yang sudah berumur 20 tahun, Jacques de Bascher, dalam buku 2017 Jacques de Bascher: Dandy de l’ombre. “Saya sangat mencintai bocah itu tetapi saya tidak memiliki kontak fisik dengannya. Tentu saja, saya tergoda oleh pesona fisiknya, ”kata Lagerfeld, menurut WWD (yang juga melaporkan bahwa de Bascher berselingkuh dengan Yves Saint Laurent pada 1970-an).

“Saya tersentuh karena dia berbicara tentang satu orang yang Anda lewatkan, dan saya pikir orang ini adalah orang yang dirindukan Karl Lagerfeld dalam hidupnya,” penulis Marie Ottavi mengatakan kepada WWD mewawancarai Lagerfeld untuk buku itu.

Walaupun dia memiliki satu kakak perempuan dan satu saudara perempuan tiri, Lagerfeld berkata, “Saya tidak punya keluarga sama sekali … Saya punya saudara perempuan di Amerika yang belum pernah saya lihat selama 40 tahun. Anak-anaknya bahkan tidak pernah mengirimi saya kartu Natal, ”dalam sebuah wawancara 2015 dengan The New York Times. Tentang anak-anak yang tidak mau pindah, dia berkata, “Memiliki anak-anak dewasa membuat Anda terlihat berusia 100 tahun. Saya tidak menginginkan itu.”

Dalam file ini foto diambil pada 22 November 2018, perancang busana Jerman Karl Lagerfeld terlihat setelah meluncurkan lampu Natal Champs Elysees, di Paris, courtesy; ALAIN JOCARD / AFP / Getty Images

Lagerfeld juga dikenal karena kepribadian dan kecerdasannya yang khas, termasuk gurauan seperti, “Saya tidak menggunakan Internet,” “Saya benci orang jelek,” “Celana olahraga adalah tanda kekalahan,” “Saya memiliki mata-mata di semua tempat” dan “Aku seperti karikatur diriku sendiri.” Ketika menyangkut etika kerja, Lagerfeld mengabdikan hidupnya. “Kurasa aku cukup beruntung bisa melakukan yang paling aku sukai dalam kondisi sempurna. Aku tidak harus bertarung dengan siapa pun. Kau tahu kontrakku dengan Fendi dan Chanel adalah untuk seumur hidup?” katanya pada Vogue. “Dan aku tidak merasa lelah sama sekali.”

Selain itu, gambar Lagerfeld telah membintangi sebagai avatar – baik di video game Grand Theft Auto IV pada 2008 dan di game mobile Kim Kardashian West Kim Kardashian: Hollywood pada 2015 – dan muncul di buku Random House Where’s Karl? riff mode-maju di buku anak-anak klasik Where’s Waldo? diterbitkan pada tahun 2015.

“Rasa humor dan sedikit kurang rasa hormat: itulah yang Anda butuhkan untuk membuat legenda bertahan,” kata Lagerfeld.

Korbannya termasuk saudaranya Christiane Johnson, yang tinggal di AS; Choupette kucing kesayangannya yang terkenal di Instagram; dan anak baptisnya Hudson Kroenig, seorang model anak yang merupakan putra dari model Brad Kroenig dan yang memulai debutnya di landasan pacu Chanel pada tahun 2010.

Untuk desainer terkenal internasional Ritu Beri, Lagerfeld telah menjadi inspirasi sejak lebih dari dua dekade.

author; Fitrajaya Nusananta

D) Sumber bibliografi:

  • https://listscafe.com/fashion/list-of-top-20-fashion-designers-in-the-world/
  • http://www.zimbio.com
  • https://www.hollywoodreporter.com/news/karl-lagerfeld-dead-fashion-icon-chanel-designer-was-85-1178148
  • https://www.hollywoodreporter.com/news/karl-lagerfeld-dead-fashion-icon-chanel-designer-was-85-1178148
  • https://www.hollywoodreporter.com/news/karl-lagerfeld-dead-fashion-icon-chanel-designer-was-85-1178148
  • https://www.koimoi.com/hollywood-2/end-of-an-era-fashion-icon-karl-lagerfeld-dead-at-85/
  • https://nationalpost.com/news/world/karl-lagerfeld-the-uncompromising-designer-who-ruled-chanel-for-decades-dies-at-85
  • https://nationalpost.com/news/world/karl-lagerfeld-the-uncompromising-designer-who-ruled-chanel-for-decades-dies-at-85
  • https://nationalpost.com/news/world/karl-lagerfeld-the-uncompromising-designer-who-ruled-chanel-for-decades-dies-at-85
  • https://www.karl.com/experience/en/world-of-karl/paris-photo-2017/
  • https://emirateswoman.com/#hp
  • https://www.lofficiel.at/en/woman/karl-lagerfeld-will-win-a-special-tribute-in-paris
Advertisement
Loading...