Keindahan Songket Minang Yang Kaya Akan Pesan Filosofis (Image: Laman Resmi Kemenpar RI), courtesy; https://mnews.co.id

Desa Pandai Sikek terletak diantara Kota Padang Panjang menuju Kota Bukittinggi. Pandai Sikek terkenal dengan hasil KAIN TENUN dan desa tersebut disebut Pandai Sikek yang terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Kerajinan tenun songket merupakan produk tekstil khas Indonesia dan banyak kita jumpai di berbagai daerah, seperti Toraja, Lombok, Sumba, Flores dll, tapi kali ini kita mampir dan ngomongin tenun khas Minangkabau di Desa Wisata Sentra Tenun Pandai Sikek.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 1
seorang perajin sedang menenun Songket, courtesy; https://www.pesona.co.id

Tenun Songket ini merupakan salah satu jenis kain tenun yang sering disebutkan sebagai Ratunya Kain Tenun, karena songket memiliki keindahan dan kemewahan atas tenunannya yang dibuat melalui benang emas maupun perak yang terkesan gemerlap. Salah satu nagari di ranah Minang yang merupakan penghasil songket adalah nagari Pandai Sikek.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 2
Alat tenun Songket, courtesy; https://www.clozette.co.id

Pandai Sikek merupakan nagari yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Ciri khas tenunan songket dari Sumatera Barat karena menggunakan benang emas dan perak dalam menenun kain sutera sehingga menghasilkan kain yang terlihat mewah.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 3
Salah satu hasil tenun pandai Sikek, courtesy; https://fitinline.com

Songket adalah ciri khas nagari Pandai Sikek yang bahkan sudah dikenal hingga mancanegara. banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung untuk melihat proses pembuatan kain tenun, hingga menjadi barang jadi yang siap diperjual belikan.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 4
Songket Pandai Sikek, courtesy; https://adira.co.id

Dari sisi sejarah,  songket Pandai Sikek diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Masuknya komoditi benang emas dan sutera menandai awal perkembangan seni ulaman dan suji, termasuk tenunan songket. Tidak diketahui tahun pasti akan seni turun temurun ini. Sejarah yang ada berupa penuturan lisan, yang jika dirunut keatas ditemui beberapa nama yang diperkirakan menjadi pionir. Dianaranya Inyiak Makau, Inyiak Suri, Inyiak Banang, Inyiak Karok.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 5
Kekhasan motif Pandai Sikek menjadikannya kerajinan bernilai estetika tinggi, courtesy; https://www.indonesiakaya.com/

Nama Makau, Banang Suri dan Karok adalah beberapa kebutuhan dasar yang dibutuhkan dalam proses menenun. Makau  adalah benang berwarna emas yang memberi warna dominan pada motif tenunan. Dinamakan demikian diperkirakan karena komoditi ini berasal dari daerah Macau, Tiongkok. Makau dan benang Suto (sutera) berpadu dan saling mengisi untuk menghasilkan bentuk motif tenunan. Sedangkan Suri dan Karok  adalah penahan dan pembagi helaian banang tagak. (hamparan benang).

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 6
Tenun songket Pandai Sikek dikenal memiliki motif yang khas, courtesy; https://www.indonesiakaya.com

Pada pengerjaan proses awal pembuatan tenunan tradisional ini disebut mancukia, yaitu pembuatan motif hamparan benang dengan kayu kecil pipih dan panjang. Teknik dasar nya hampir sama dengan menganyam. Kemudian hasil mancukia  ditenun dengan Makauh dan banang suto , lalu juga ‘disimpan’ di ujung satunya dengan lidi. Terus hingga kemudian membentuk setengah motif utuh, kemudian motif yang ‘disimpan’ di lidi disuruikkan. Ini lah kemudian yang membuat motif tenunan pandai sikek selalu simetris.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 7
Tenun Songket Pandai Sikek yang unik dan berkesan mewah, courtesy; https://fitinline.com

Biasanya motif yang dibuat adalah motif yang umum, namun juga kadang disesuaikan dengan permintaan pembeli. Misalnya motif Sungayang dan Koto Gadang. Keduanya merujuk pada motif khas daerah kedua daerah tersebut, Sungayang dan Koto Gadang.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 8
Songket Pandai Sikek, courtesy; https://id.carousell.com

Tentu saja kain songket ini selain diperjual belikan untuk kemudian dibuatkan pakaian adat (baju anak daro), juga digunakan untuk tando, pada proses perkawianan (batimbang tando), songket ini lazim dimasukan sebagai tando  bagi masyarakat Pandai Sikek.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 9
Tenun Songket Pandai Sikek, courtesy; https://fitinline.com

Songket memiliki keunikan lain adalah pembuatannya yang masih serba manual, (ini yang membedakannya dengan songket silungkang) serta bentuk motifnya yang relatif kecil dan halus membuatnya terlihat mewah, wajar saja kemudian dipasang harga mahal untuk setiap lembarnya. Selain itu, karena pembutannya masih tradisional dengan tangan kerapkali ada kesalahan kecil pada motif. Namun justru itu menjadi ‘pemanis’ dari songket. ‘Kesalahan itu adalah wajar dalam perbuatan tangan manusia’ begitu ujar Emi, salah satu pengarajin tenunan songket ini.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 10
Songket Pandai Sikek Minangkabau, courtesy; https://rugrabbit.com

Karena sangat melegenda nya Tenun Pandai Sikek ini sampai – sampai di abadikan di mata uang Republik Indonesia yaitu di pecahan uang Rp. 5.000,- edisi cetakan 2001 yaitu seorang gadis minang sedang menenun pandai sikek.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 11
Gambar Gadis Pandai Sikek Sedang Menenun Di Mata Uang Rp. 5.000,-, courtesy; https://www.cumilebay.com

Masyarakat Pandai Sikek mewarisi tradisi menenun dari Nenek Moyang, bisa jadi dari periode masa Kejayaan Sriwijaya, sejarah menjelaskan dari abad ke 14 perempuan – perempuan yang tinggal di sekitar Gunung Singgalang dan Gunung Marapi telah pandai menenun. Apalagi Kerajaan Pagaruyung kala itu mewajibkan warga nya mengenakan kain tenun setiap ada upacara adat, termasuk pernikahan, batagak gala (Penobatan Penghulu) serta penyambutan tamu – tamu penting.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 12
Menenun Songket, courtesy; https://prokabar.com

Bahkan ada istilah yang beredar di daerah tersebut “Jika Tak Pandai Menenun, Pasti Bukan Perempuan Pandai Sikek.”Nama Pandai Sikek sendiri juga berasal dari aktivitas tenun, benang – benang tenun di masukan ke lubang – lubang yang bentuk nya mirip sikek (sisir) jadi makna pandai sikek adalah Mahir Menyisir atau Menenun.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 13
Menenun Songket, courtesy; https://mediaindonesia.com
SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 14
Menenun Songket, courtesy; https://mediaindonesia.com

Tenun songket pada masa lalu memang identik dengan simbol kemewahan, status sosial dan martabat pengunannya, konon nich yaaa pembuatan songket pada masa silam mengunakan benang emas asli. Jadi songket tidak hanya bernilai tinggi dari segi estetika tapi juga bernilai seni, semakin rumit dan unik ornamen songket nya maka harga nya juga akan semakin melambung tinggi.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 15
Keindahan Songket Minang Yang Kaya Akan Pesan Filosofis (Image: Laman Resmi Kemenpar RI), courtesy; https://mnews.co.id

Untuk motif di pandai sikek sendiri memiliki lebih dari 350 jenis, motif khas yang antara lain Saik Kalamai, Buah Palo, Barantai Putiah, Tampuak Manggih, Salapah, Simasam dll. Tenun Songket Pandai Sikek juga mengandung nilai – nilai luhur yang dalam keseharian bisa di jadikan acuan kehidupan, seperti Kesakralan,Keindahan, Kesabaran, Ketelitian, Ketekunan.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 16
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agent of development menghadirkan stan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Indonesia Pavilion, pada Annual Meeting IMF – WB 2018. Salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergabung di program RKB dan berkesempatan tampil di Indonesia Pavilion adalah Pusako Minang, courtesy; https://www.wartaekonomi.co.id

Tenun Songket Pandai Sikek tidak hanya selalu di buat pakaian seperti baju kurung  atau daster, tetapi juga untuk keperluan upacara adat dan perkawinan, seperti : saruang balapak, saruang batabua, selendang batabua, tingkuluak tanduak (Tutup Kepala Wanita), sesamping (Perlengkapan Penghulu), kodek songket dll. Sekedar info kalo kain songket ini tidak boleh di lipat, cara menyimpan nya harus di gulung dengan kayu bulat, hal ini di lakukan untuk menjaga agar bentuk motifnya tetep bagus dan benang emas yg di gunakan tidak putus, sehingga songket tetap dalam kondisi baik dan rapi.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 17
Rumah tenun Pusako Pandai Sikek, rumah produksi yang menjual kain tenunan handmade masyarakat Nagari Pandai Sikek, keterampilan menenun yang sudah diwarisi turun-temurun sejak zaman lampau. (Liputan6.com/Elvina Yollanda), courtesy; https://www.liputan6.com

Seorang perajin yang umumnya wanita bisa menghabiskan waktu hingga 3 bulan untuk menghasilkan selembar kain tenun. Pekerjaan ini biasanya dikerjakan di rumah, dengan demikian sang penenun bisa menurunkan keahlian menenun kepada anak perempuannya sejak kecil. Cara inilah yang membuat generasi penenun di Pandai Sikek tetap eksis dari masa ke masa.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 18
Desa Pandai Sikek, courtesy; https://www.asiawisata.com

Selembar kain tenun Pandai Sikek bisa berharga jutaan rupiah. Mata yang jeli akan mampu membedakan mana yang tenunan tangan dan mana yang buatan  mesin. Namun, harga tidak hanya ditentukan oleh karya tangan atau mesin, tapi juga dari kerumitan motif, banyaknya benang yang digunakan, serta jenis kainnya. Songket berbahan dasar sutra harganya tentu lebih mahal.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 19
Rumah Gadang di Pandai Sikek, courtesy; https://www.flickr.com

Bila tidak berminat membeli kain songket, di Pandai Sikek juga bisa ditemukan bahan bordir dan sulam. Mulai dari kebaya, mukena, tas, hingga kopiah. Tentu menawar wajib hukumnya, meskipun untuk karya yang dibuat dengan tangan rasanya tidak tega menawar terlalu rendah.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 20
Gunung Singgalang terlihat dari desa Pandai Sikek, courtesy; http://pendaki.id/

Tenunan tradisional atau songket Pandai Sikek dari Nagari Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) sampai saat ini sudah dipasarkan ke beberapa negara di luar negeri.

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 21
Peta wilayah SUMATERA BARAT, courtesy; https://visitsumbar.wordpress.com

Author: Rastanti ValleyRose

SONGKET PANDAI SIKEK-Ratunya Kain Tenun Nusantara 22

Referensi:

  • https://www.cumilebay.com/2016/08/gadis-pandai-sikek-wajib-bisa-menenun.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Songket
  • https://www.clozette.co.id/community/browse/instagram-cd-1258622060809844932-597370669/sunsetdazesha
  • https://www.pesona.co.id/article/antara-padang-dan-bukittinggi?p=2
  • https://sahdieng.blogspot.com/2018/02/songket-pandai-sikek-ratunya-kain-tenun.html
  • https://www.wonderfulminangkabau.com/tenunan-songket-pandai-sikek/
  • https://rugrabbit.com/node/174979
  • http://studiotwist.net/patterns/minang-songket/
  • https://educalingo.com/en/dic-ms/songket
  • https://id.carousell.com/p/songket-pandai-sikek-101498715/