“THE IMAGINARY LINE,” Poin Politik Dengan Menentang Kematian Antara Perbatasan AS dan Meksiko oleh film maker Kylor Melton.

Kembali pada bulan Januari, ketika kebuntuan tentang pendanaan untuk dinding perbatasan kedua negara di bagian Selatan, Dalam “The Imaginary Line,” pengambilan gambar film 10 menit awal tahun ini dan dirilis hari Minggu di YouTube, Kunst dan Jamie Marrufo, dari Meksiko, berjalan di garis tinggi 300 yard dari kedua sisi. Film karya Kylor Melton menarik banyak perhatian dari media nasional dan media sosial.

"THE IMAGINARY LINE," Corbin Kunst & Jamie Marrufo Tunjukkan POIN POLITIK Tentang Kematian Antara Perbatasan AS - Meksiko 1
© Kylor Melton Photo illustration by Kylor Melton created for the film The Imaginary Line, courtesy; https://pressfrom.info

Melton dan Kunst, keduanya berusia 27 dan dari Bend, Oregon, mengatakan mereka berjalan kaki ke Texas dari Pacific Northwest pada Februari ⁠— ketika pemerintah federal ditutup karena pendanaan untuk dinding perbatasan Presiden Trump ⁠ — untuk meluncurkan prestasi fisik ini mereka membuat pernyataan tentang seberapa dekat geografis kedua negara, dan mengupayakan kenapa mereka percaya perbatasan harus tetap ada.

Tali pipih setebal satu inci, disebut slackline, ditambatkan ke kedua negara oleh tim dari masing-masing pihak. Kedua tim telah bertemu beberapa hari sebelumnya, mengayuh arus Rio Grande dan berkemah di luar perbatasan sampai mereka menemukan tempat yang sempurna untuk berjalan melintasi ngarai yang memisahkan perairan yang kontroversial dan berpatroli ini.

Ketika debat tentang bahaya yang dirasakan, pihak imigrasi ilegal berkecamuk di Kongres, dua tim ahli garis besar dari Meksiko dan AS bertemu antara di sungai, mengayuh bersama di hilir sekitar 20 mil ke Santa Elena Cavern yang indah, dengan tebing setinggi 1.500 kaki. Di sana, mereka bekerja bersama untuk memasang tali di ketinggian sekitar 500 kaki di udara.

"THE IMAGINARY LINE," Corbin Kunst & Jamie Marrufo Tunjukkan POIN POLITIK Tentang Kematian Antara Perbatasan AS - Meksiko 2
Kylor Melton, The Imaginary Line memperlihatkan Corbin Kunst berjalan di atas garis batas AS dan Meksiko di Santa Elena Canyon. Photo courtesy of Kylor Melton, courtesy; https://news.artnet.com

Dua pria menyeberangi jembatan sepanjang 300 kaki yang berbahaya ini, Corbin Kunst dari sisi Texas, dan slackliner Meksiko Jamie Maruffo dari sisi Meksiko.

“Saya tidak tahu lagi apakah masih ada simbol hubungan yang lebih kuat antara dua orang, antara dua negeri, daripada yang dapat saya bayangkan saat ini,” kata pembuat film Kylor Melton, yang mendokumentasikan acara tersebut dalam filmnya “ The Imaginary Line “, kepada artnet News. Singkatan 11 menit dirilis kemarin di YouTube.

Ini bukan karya seni pertama yang menghubungkan kedua sisi perbatasan untuk membuat titik politik. Awal musim panas ini, studio arsitektur Rael San Fratello mengubah bagian pagar perbatasan menjadi barisan gergaji, memungkinkan anak-anak di kedua sisi untuk bermain satu sama lain, dalam karya seni sementara berjudul Teeter-Totter Wall. Dengan cepat menjadi viral.

Gagasan slackline yang menghubungkan kedua negara telah ada di benak Kunst selama bertahun-tahun, sejak sebelum Trump berkuasa. (Popularlized pada 1980-an, slacklining berbeda dari tali yang lebih dikenal karena menggunakan panjang anyamannya yang datar, daripada kabel kawat, memungkinkan garis memantul.) “Saya melihat gambar Santa Elena Canyon,” kata Kunst kepada Berita artnet. “Saya tahu itu akan sempurna untuk slackline — hanya semacam teriakan untuk menyatu. Dan fakta bahwa satu sisi adalah Meksiko dan satu sisi adalah Amerika Serikat, untuk dapat benar-benar menghubungkan negara-negara dengan jembatan, sehingga dapat dikatakan, benar-benar membuat saya tertarik. ”

Ketika perdebatan tentang tembok perbatasan mulai memanas, dia memutuskan untuk memanggil Melton. Pembuat filmlah yang meyakinkan Kunst bahwa sekaranglah saatnya mewujudkan mimpi ini. “Saya benar-benar ingin ini membuat karya seni yang hebat,” kata Kunst. “Seni adalah salah satu bentuk ketahanan dan perlawanan terbesar dan juga inspirasi bagi orang-orang.”

Duo ini mulai bekerja merencanakan untuk melakukan tindakan. Sangat penting untuk memiliki perwakilan dari kedua negara yang berjalan di slackline, dan untuk memiliki tim dari kedua negara yang mencurangi, menggambarkan peluang untuk koneksi dan kolaborasi bahkan ketika Trump bersikeras pada kebutuhan untuk membuat hambatan.

"THE IMAGINARY LINE," Corbin Kunst & Jamie Marrufo Tunjukkan POIN POLITIK Tentang Kematian Antara Perbatasan AS - Meksiko 3
Rio Grande membentuk perbatasan AS-Meksiko sambil berkelok-kelok melintasi Santa Elena Canyon di wilayah Big Bend di Texas. Foto oleh John Moore / Getty Images, courtesy; https://news.artnet.com

“Saya menganggap slacklining sebagai olahraga tim,” Kunst menjelaskan. “Anda benar-benar mempercayai tim kecurangan Anda dengan hidup Anda, jadi saya pikir itu akan menjadi simbol yang sangat kuat untuk memiliki tim Meksiko dan tim Amerika membangun slackline bersama.”

Untuk melakukan perjalanan menyusuri sungai, tim AS mendapatkan izin pedalaman, tetapi tidak ada infrastruktur rekreasi yang setara di pihak Meksiko — situs web The National Park Service sebenarnya menyertakan peringatan pemberitahuan tentang penyeberangan perbatasan ilegal di Santa Elena Canyon, jadi Melton dan Kunst berkonsultasi dengan pengacara untuk memastikan mereka bertindak sesuai dengan hukum.

Dan meskipun Park Service ditutup, proyek ini dilakukan sangat berhati-hati untuk tidak meninggalkan jejak — tidak seperti pengunjung di Park yang lain, yang lebih banyak dikunjungi wisatawan — mengamankan jalur utama dengan mengikat tali di sekitar batu-batu besar yang aman. (Sisi garis Meksiko diamankan dengan baut, setelah mengebor lubang, yang legal di Taman Nasional Santa Elena Canyon.)

Pada 25 Januari, hari terakhir shutdown 35 hari, Maruffo menginjakkan kaki di slackline, membuat persimpangan berbahaya di atas Rio Grande. Kunst mengikuti. (Keduanya ditambatkan ke garis untuk keselamatan.)

“Ada saat ketika Corbin berkata, ‘Saya sudah berjalan di slacklines selama bertahun-tahun, tetapi ini adalah pertama kalinya slack line benar-benar berarti sesuatu di luar diri saya,'” kenang Melton. “Panjat tebing dan lompatan dasar serta lapisan yang kendur — pengejaran adrenalin ini sangat memanjakan diri sendiri, tentang mendorong batasan pribadi Anda. Slackline ini jauh lebih dari semua itu. ”

"THE IMAGINARY LINE," Corbin Kunst & Jamie Marrufo Tunjukkan POIN POLITIK Tentang Kematian Antara Perbatasan AS - Meksiko 4
This screenshot from the film,, “The Imaginary Line,” menunjukkan Corbin Kunst dan Jamie Marrufo, dari Meksiko, di atas garis tinggi di atas perbatasan AS-Meksiko, courtesy; https://www.borderreport.com

Sejauh ini, tambah Melton, dia kewalahan oleh reaksi terhadap film tersebut, yang dia debut dengan 5Point Film Festival di Colorado. “Ide tersebut yang sangat sederhana, tetapi cara orang-orang terhubung dengannya benar-benar merendahkan,” katanya. “Saya berharap film ini adalah karya seni sehingga orang-orang dapat memicu percakapan dan mendorong penonton untuk terlibat dengan masalah ini.”

The Imaginary Line

Di halaman Facebook-nya, Melton menulis: “Harapan saya adalah film ini dapat menginspirasi kita untuk melakukan percakapan sulit tentang imigrasi, hak asasi manusia, hak istimewa kulit putih dan inklusi di luar ruangan, politik, krisis iklim dan banyak lagi dengan cara yang penuh kasih. Menggunakan hasrat kami untuk terhubung dengan orang-orang di dunia. ”

 

Author: Rastanti ValleyRose

"THE IMAGINARY LINE," Corbin Kunst & Jamie Marrufo Tunjukkan POIN POLITIK Tentang Kematian Antara Perbatasan AS - Meksiko 5

Referensi:

  • https://news.artnet.com/exhibitions/art-21-minerva-cuevas-1638289
  • https://www.borderreport.com/news/film-captures-highline-across-southwest-border-draw-u-s-mexico-closer/
  • https://www.outsideonline.com/2390390/slackline-mexico-us-border-protest
  • https://pressfrom.info/us/news/us/-314802-a-mexican-and-an-american-walked-a-highline-hundreds-of-feet-over-the-border-to-make-a-political-point.html