Gabrielle 'Coco' Chanel in her Rue Cambon apartment, surrounded by coromandel decorated screens, www.katerinaperez.com

Gabrielle Bonheur “Coco” Chanel (19 Agustus 1883 – 10 Januari 1971) adalah seorang perancang busana Prancis, mata-mata Nazi dan pengusaha wanita. Pendiri merek Chanel sesuai dengan menggunakan namanya, ia dideskripsikan di era pasca-Perang Dunia I dengan membebaskan jutaan wanita dari batasan menggunakan “siluet korsleting” dan mempopulerkan gaya sporty yang kasual sebagai standar gaya feminin. Sebagai pencipta mode yang produktif, Chanel memperluas pengaruhnya pada pakaian couture, mewujudkan estetika desainnya dalam perhiasan, tas tangan, dan wewangian.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 1
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.denverpost.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 2
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.messynessychic.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 3
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.messynessychic.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 4
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.lollipuff.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 5
Coco Chanel in 1944 AFP
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 6
Gabrille Coco Chanel, courtesy; wwd.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 7
Lipnitzki/Roger Viollet / Getty Images

Aroma khasnya, Chanel No. 5, telah menjadi produk ikonik. Dia adalah satu-satunya perancang busana yang terdaftar di daftar majalah Time tentang 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20. Chanel sendiri merancang monogram CC-nya yang saling bertautan yang terkenal, yang telah digunakan sejak tahun 1920-an.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 8
Chanel No.5, courtesy; sandraespinet.com

Koneksi sosial Chanel waktu itu mendapat pandangan pribadi yang konservatif. Rumor muncul tentang kegiatan Chanel selama pendudukan Jerman di Perancis selama Perang Dunia II, dan dia dikritik karena terlalu dekat dengan penjajah Jerman dalam hal meningkatkan karir profesionalnya: Salah satu penghubung Chanel adalah dengan diplomat Jerman, Baron (Freiherr) Hans Günther von Dincklage.

Setelah perang, Chanel diinterogasi tentang hubungannya dengan von Dincklage, tetapi dia tidak didakwa sebagai kolaborator karena intervensi oleh Churchill. Setelah beberapa tahun pasca perang di Swiss, ia kembali ke Paris dan menghidupkan kembali rumah busananya. Pada 2011, Hal Vaughan menerbitkan sebuah buku tentang Chanel berdasarkan dokumen-dokumen yang baru dideklasifikasi, mengungkapkan bahwa ia telah berkolaborasi dengan kegiatan intelijen Jerman. Satu rencana pada akhir 1943 adalah membawa tawaran perdamaian SS kepada Perdana Menteri Inggris Winston Churchill untuk mengakhiri perang.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 9
Coco Chanel Shop in Paris, courtesy; mentalfloss.com

Coco Chanel, nama panggilan Gabrielle Bonheur Chanel, (lahir 19 Agustus 1883, Saumur, Prancis — meninggal 10 Januari 1971, Paris), perancang busana Prancis yang memimpin Paris haute couture selama hampir enam dekade. Desainnya yang elegan dan kasual mengilhami para wanita fesyen untuk meninggalkan pakaian yang rumit dan tidak nyaman — seperti rok dan korset — yang lazim digunakan padaabad ke-19. Di antara inovasi yang klasik adalah setelan Chanel, dompet berlapis, perhiasan kostum, dan “gaun hitam kecil.”

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 10
Courtesy; www.lollipuff.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 11
Awalnya dia mulai hanya dengan topi, dia sangat sukses kemudian dia memutuskan untuk memulai dengan pakaian. Pada tahun 1910, dibiayai oleh Capel, ia berhasil membuka Chanel Mansion pertamanya, di 21 rue Cambon. courtesy; www.joya.life
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 12
Coco Chanel, courtesy; fhsecon2.weebly.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 13
Coco Chanel duduk di meja riasnya di apartemennya di Paris Ritz Hotel, 1938, courtesy; journalstar.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 14
Chanel Shop in Paris, courtesy; livejuniper.com

Chanel dilahirkan dalam kemiskinan di pedesaan Prancis; ibunya meninggal, dan ayahnya menitipkannya di panti asuhan. Setelah tidak lama bekerja sebagai pelayan toko, Chanel bekerja selama beberapa tahun sebagai penyanyi kafe. Dia kemudian berkenalan dengan beberapa pria kaya dan pada tahun 1913, dengan bantuan keuangan dari salah satu dari mereka, Arthur (“Boy”) Capel, membuka toko topi wanita kecil di Deauville, Prancis, di mana dia juga menjual pakaian olahraga sederhana, seperti jersey sweater.

Dalam lima tahun membuat mode yang lepas dari konsep pakaian wanita klasik dengan menggunakan korset, dia menggantikan dengan menciptakan mode baru yang sangat mudah digunakan,sederhana dan nyaman dan tetap elegant dalam penampilan. Setia pada pepatahnya bahwa “kemewahan harus nyaman, kalau tidak itu bukan kemewahan,” desain Chanel menekankan kesederhanaan dan kenyamanan dan merevolusi industri fashion. Pada akhir 1920-an industri Chanel dilaporkan bernilai jutaan dollar dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang, tidak hanya di rumah couture-nya tetapi juga di laboratorium parfum, pabrik tekstil, dan bengkel perhiasan.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 15
Jersey suits, designed by Gabrielle “Coco” Chanel 1917, courtesy; journalstar.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 16
Coco Chanel, courtesy; www.lollipuff.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 17
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.lollipuff.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 18
Gabrille Coco Chanel, courtesy; www.messynessychic.com

Basis keuangan kekaisaran Chanel ini adalah Chanel No. 5, parfum fenomenal yang berhasil ia perkenalkan pada tahun 1921 dengan bantuan Ernst Beaux, salah satu pembuat parfum paling berbakat di Prancis. Dikatakan bahwa parfum mendapatkan namanya dari serangkaian aroma yang Beaux ciptakan untuk sampel Chanel – ia memilih parfum kelima, kombinasi melati dan beberapa aroma bunga lainnya yang lebih kompleks dan misterius daripada parfum beraroma tunggal saat itu. di pasaran.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 19
courtesy; www.goalcast.com
THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 20
courtesy; www.goalcast.com

Chanel adalah perancang busana besar pertama yang memperkenalkan parfum dan bahwa ia mengganti kemasan parfum khas dengan botol yang sederhana, ramping juga menambah kesuksesan aroma. Dia bermitra dengan pengusaha Théophile Bader dari department store Galeries Lafayette dan Pierre Wertheimer dari perusahaan kosmetik Bourjois, yang keduanya sepakat untuk membantunya memproduksi lebih banyak wewangiannya dan memasarkannya dengan imbalan mendapatkan bagian dari keuntungan. Setelah menandatangani kontrak di mana dia hanya menerima 10 persen dari royalti, Chanel melakukan serangkaian tuntutan hukum dalam beberapa dekade berikutnya untuk mendapatkan kembali kendali atas wewangian tersebut. Meskipun dia tidak pernah bisa menegosiasikan kembali ketentuan kontraknya untuk meningkatkan royalti, Chanel tetap mendapat keuntungan besar dari parfum.

Chanel menutup rumah couture pada tahun 1939 dengan pecahnya Perang Dunia II. Hubungannya dengan seorang diplomat Jerman selama pendudukan Nazi mencemari reputasinya, dan ia tidak kembali ke mode hingga tahun 1954. Tahun itu ia memperkenalkan desain jasnya: jaket kardigan tanpa kerah yang dikepang dengan rok yang anggun. Dia juga memperkenalkan celana lonceng dan inovasi lainnya sambil tetap mempertahankan penampilan klasik yang bersih.

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 21

Tombe Coco-Chanel
Cimetière du Bois-de-Vaux
Lausanne, District de Lausanne, Vaud, Switzerland, courtesy; www.findagrave.co

Setelah kematiannya pada tahun 1971, rumah couture Chanel dipimpin oleh serangkaian desainer yang berbeda. Situasi kepemimpinan setelah Chanel meninggal dunia dapat berlansung stabil yang mana pada tahun 1983 ketika Karl Lagerfeld menjadi kepala desainer. Pemahaman Chanel yang cerdik tentang kebutuhan fashion wanita, ambisinya yang giat, dan aspek-aspek romantis dalam hidupnya — kebangkitannya dari kain menjadi kekayaan dan urusan cinta yang sensasionalnya — terus menginspirasi banyak buku, film, dan drama biografi, termasuk drama musikal Broadway, 1970, tentang musikal. dibintangi oleh Katharine Hepburn.

author; Fitrajaya Nusananta

THE LEGEND OF COCO CHANEL, Ratu Mode Dunia yang Confident, Romantis & Eksentrik 22

d] sumber bibliogarfi;

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Coco_Chanel
  • https://www.businessoffashion.com/articles/education/gabrielle-coco-chanel-1883-1971
  • https://www.crfashionbook.com
  • https://www.messynessychic.com
  • https://journalstar.com
  • https://livejuniper.com/coco-chanels-paris-city-shaped-aesthetic
  • https://www.joya.life
  • https://www.cachecoeurlingerie.com
  • https://www.gala.fr
  • https://fhsecon2.weebly.com
  • https://weheartit.com
  • https://serestilo.wordpress.com
  • https://www.denverpost.com
  • https://www.katerinaperez.com
  • https://www.britannica.com/biography/Coco-Chanel
  • http://mentalfloss.com/article/542104/coco-chanel-facts
  • https://wwd.com/fashion-news/fashion-scoops/coco-chanel-interesting-facts-fashion-designer-1203240614/
  • https://www.chanel.com/en_SG/?gclid=Cj0KCQjw3JXtBRC8ARIsAEBHg4kNwXLclMTAL5REnmYGzoUpVjyRaHgB3GMnA31F2GgOLXHRxx0rlPEaAryTEALw_wcB
  • https://www.vogue.com/?us_site=y