Untuk beberapa tahun kedepan Republik Ceko mungkin akan memiliki gedung tertinggi yang baru, jika pengembang Trigema berencana untuk membangun gedung tinggi multifungsi setinggi 135 meter (443 kaki) di dekat halte metro Nové Butovice Praha disetujui. Proyek ini dirancang oleh pematung David Černý dan arsitek Tomáš Císař dari studio Black n´ Arch.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 1
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Bangunan, yang disebut Top Tower, tampak seolah-olah berupa kerangka logam kapal tanker yang bertabrakan dengan gedung modern yang bertingkat tinggi tersebut. Kapal tanker tersebut akan tertutup tanaman yang hijau. Dimaksudkan untuk membangkitkan adegan pasca-apokaliptik, untuk menarik perhatian terhadap masalah lingkungan. Pengembang Trigema mengandalkan sertifikasi LEED Gold untuk bangunan hemat yang energi.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 2
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Pada bangunan tersebut akan memberikan titik pandang publik pada titik tertinggi bangunan. Hampir seluruh perimeter Praha akan terlihat dari titik pengintai, termasuk Kastil Praha, Teater Nasional, Vyšehrad, dan Zbraslav.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 3
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Ini adalah yang akan menjadi gedung pencakar langit teraneh di dunia? Paket total pekerjaan untuk bangunan 450 kaki yang terlihat seperti kapal tanker minyak ini sedang dipertimbangkan oleh pemerintah kota di Praha.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 4
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Top Tower direncanakan juga untuk zona pejalan kaki di sepanjang satu kilometer dari stasiun metro Nové Butovice melalui pusat Sluneční náměstí ke stasiun metro Hůrka. Ini akan dekat dengan pusat teknologi dan informasi Cyberdog yang sudah terealisasi, patung Trifot David anderný dan kompleks perumahan Smart Trigema.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 5
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Proyek ini akan menelan biaya sekitar dua miliar koruna Ceko [£ 70.000.000] bertingkat tinggi termasuk flat, kantor, toko, pusat budaya dan menampilkan pemandangan 360 derajat.Kota Praha yang bersejarah adalah situs Warisan Dunia UNESCO di mana gedung-gedung tinggi dilarang, sehingga gedung pencakar langit yang di rencanakan ini  dijuluki Top Tower – akan dibangun di pinggiran kota.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 6
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Perusahaan pengembangan Ceko, Trigema, dapat membangun Top Tower di pinggiran kota Praha pada tahun 2024 nanti. Pengembang berharap untuk memulai konstruksi pada 2021, dengan konstruksi berlangsung tiga tahun.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 7
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

“Kami telah menyiapkan proyek Top Tower selama lebih dari dua tahun dan versi terakhir didahului oleh delapan solusi alternatif lainnya. Sepanjang waktu itu, kami telah mengumpulkan dan masih mengumpulkan saran dari para ahli, otoritas negara bagian dan lokal yang akan terkena dampak, dan tentu saja masyarakat setempat, yang wakilnya telah dan akan terus berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan, “Marcel Soural, Ketua Trigema, kata dalam siaran pers.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 8
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Lantai bawah akan dibangun took-toko dan pusat layanan pengunjung. Ruang bawah tanah akan dibangun ruang parkir yang akan di peruntukkan untuk masyarakat umum.

Proyek ini akan berada di luar zona lindung area konservasi perkotaan dan di luar area yang melarang bangunan bertingkat tinggi. Lokasi tersebut tidak akan terlihat dari sebagian besar tempat di pusat kota metropolis, dan panorama bersejarah kota tidak akan terganggu, menurut pengembang.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 9
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Ini bukan satu-satunya bangunan yang diusulkan dari desain David Černý. Proyek Nová Invalidovna di Prague 8 memiliki figur-figur raksasa yang tampak seolah-olah mendukung pemandangan sekitar.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 10
Top Tower, Praha, courtesy; designyoutrust.com

Bangunan tertinggi di Republik Ceko saat ini adalah Menara AZ di Brno, denagn ketinggian 111 meter. Menara Kota Praha berada tepat di belakangnya setinggi 109 meter.

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 11
Proyek ini dirancang oleh pematung David Černý dan arsitek Tomáš Císař dari studio Black n´ Arch, courtesy; pravniradce.ihned.cz

Trigema adalah perusahaan pengembangan yang saling mendukung dengan kegiatan lain seperti konstruksi, manajemen gedung, pengembangan ilmu pengetahuan, pariwisata dan dukungan startup, menurut situs webnya. Omset perusahaan adalah sekitar 1 miliar CZK setiap tahun.

Author: David Tilabastari

TOP TOWER Prague's-Metal Tanker Crashed Into a Skyscraper, Seharga 1,2 Trilun Dibangun Tahun 2024 12

Referensi:

  • https://designyoutrust.com/2019/09/pragues-tallest-building-could-soon-become-this-post-apocalyptic-metal-tanker-crashed-into-a-skyscraper/
  • https://www.designboom.com/tag/david-cerny/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/David_%C4%8Cern%C3%BD
  • https://www.slavorum.org/pragues-tallest-building-could-soon-become-this-post-apocalyptic-metal-tanker-crashed-into-a-skyscraper/
  • https://news.expats.cz/weekly-czech-news/pragues-tallest-building-could-soon-become-this-post-apocalyptic-metal-tanker-crashed-into-a-skyscraper/
  • https://www.dailymail.co.uk/news/article-7557587/The-worlds-weirdest-skyscraper.html